Ilustrasi orang yang mengalami gangguan kesehatan pada lidah. (Freepik)
Ilustrasi orang yang mengalami gangguan kesehatan pada lidah. (Freepik)
KOMENTAR

BANYAK dari kita pasti pernah mengalami gangguan kondisi kesehatan pada lidah, entah itu luka akibat tergigit saat makan, seriawan, hingga lidah pecah-pecah.

Gangguan kondisi lidah pecah-pecah umumnya tidak berbahaya secara medis, namun tentunya membuat kita merasa tidak nyaman dan bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat makan atau berbicara.

Organ satu ini memiliki peranan penting dalam membantu kita mengenal rasa melalui indra perasa, juga membantu proses pencernaan dengan mengatur pengunyahan dan penelanan makanan, serta mendukung kemampuan berbicara.  

Tentunya kita harus tetap menjaga kesehatan lidah, sebuah bagian tubuh yang sering kali terlupakan namun sangat penting untuk menjaga kebersihan serta kesehatan secara menyeluruh.

Ketika kamu mengalami gangguan lidah pecah-pecah bisa jadi menandakan bahwa kamu kekurangan nutrisi tambahan tertentu.

Simak berikut ini asupan nutrisi tambahan yang harus kamu cukupi agar terhindar dari lidah pecah-pecah.

Zat Besi

Kurang mengonsumsi zat besi dapat menyebabkan masalah lidah pecah-pecah. Zat besi diperlukan untuk pembentukan hemoglobin dalam darah, yang mendukung transportasi oksigen ke seluruh tubuh termasuk jaringan mulut.

Dengan asupan zat besi yang cukup, jaringan mulut dapat tetap sehat, mengurangi risiko lidah pecah-pecah.

Vitamin B12

Pola makan dengan kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan lidah pecah. Selain itu, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan bibir lebih rentan mengalami kekeringan yang berpotensi menyebabkan luka.

Untuk mengatasi kekurangan vitamin B12, kamu dapat mengubah pola makan  untuk mencakup makanan yang kaya akan vitamin B12 atau mengonsumsi suplemen B12 harian sesuai dengan saran dari dokter.

Zinc

Zinc merupakan mineral penting untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh dan kesehatan sel-sel di dalamnya. Mengapa zinc sangat penting untuk menjaga kesehatan lidah? Zinc memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka, termasuk luka-luka kecil pada lidah seperti lidah pecah-pecah atau luka akibat sariawan.

Biotin

Tidak hanya memberikan dampak baik bagi kesehatan kulit dan rambut, mencukupi asupan biotin berperan dalam menjaga metabolisme sel serta mempertahankan kesehatan jaringan termasuk pada mulut dan lidah.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health