Jambu air yang menyegarkan (Unsplash)
Jambu air yang menyegarkan (Unsplash)
KOMENTAR

BUAH jambu air atau  dikenal dengan nama ilmiah Syzygium aqueum, merupakan buah tropis yang sering dijumpai di pasar modern dan swalayan.

Namun, budidaya buah jambu air di rumah umumnya masih kurang diminati. Ini disebabkan oleh buah jambu air yang mudah membusuk setelah matang, karena tingginya kandungan air dan sifatnya yang tidak memiliki kulit pelindung.

Buah ini memiliki kombinasi rasa manis dan asam yang menyegarkan, cocok untuk dinikmati langsung ataupun dicocol dengan bumbu rujak.

Dengan teksturnya yang renyah serta mengandung banyak air, buah ini dapat memberikan rasa kenyang dan menyegarkan tubuh, menjadikannya sebagai pilihan camilan sehat yang sempurna. Selain itu, jambu air juga memberikan berbagai manfaat kesehatan yang penting bagi tubuh.

Simak berikut ini manfaat yang diberikan jika kamu mengonsumsi jambu air.

Mengandung Antioksidan Tinggi

Mengandung kaya akan antioksidan yang tinggi jambu air berperan penting untuk menghasilkan flavonoid yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh. Terjadinya radikal bebas dikarenakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Konsumsi jambu air dapat membantu melawan stres oksidatif dan menjaga kesehatan sel tubuh.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mengonsumsi jambu air secara rutin memiliki manfaat besar dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Nutrisi vitamin C yang terdapat dalam buah ini juga berperan penting dalam melawan infeksi virus, membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Mengontrol Kadar Gula

Buah jambu air memiliki indeks glikemik yang rendah, kamu tidak perlu takut kadar gula jadi naik setelah mengonsumsinya. Buat ini cocok untuk penderita diabetes karena dapat membantu menjaga stabilitas gula darah dalam rentang yang aman.

Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan yang terdapat dalam buah jambu air juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dengan memberikan produksi kolagen secara alami, sehingga membantu menjaga kulit tetap cerah dan sehat.




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health