Senyum sehat bisa diawali dengan sikat gigi yang bebas bakteri. (Freepik/wayhomestudio)
Senyum sehat bisa diawali dengan sikat gigi yang bebas bakteri. (Freepik/wayhomestudio)
KOMENTAR

MENJAGA kebersihan sepanjang waktu sangatlah penting, terutama dalam hal kebersihan mulut. Ketika kebersihan mulut terjaga, hal ini tidak hanya memberikan napas yang segar tetapi juga mencegah masalah pada gangguan gigi.

Menjaga kebersihan mulut secara optimal dapat berperan mencegah infeksi mulut dan penyakit sistematik yang muncul akibat pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Memiliki gigi yang bersih juga dapat meningkatkan kepercayaan diri saat berinteraksi dengan orang lain. Jadi penting bagi kita untuk mempertahankan dan menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dengan baik.

Mengganti sikat gigi secara teratur merupakan salah satu kebiasaan yang sering terlupakan dalam merawat kesehatan gigi. Sikat gigi yang digunakan secara terus-menerus dapat mengumpulkan bakteri dan menjadi kurang efektif dalam membersihkan gigi.

Berikut ini tanda bahwa sikat gigi perlu diganti:

Bulu Sikat Berubah Bentuk

Bulu sikat yang semula lurus dan lembut dapat mengalami perubahan bentuk menjadi bengkok atau melebar seiring penggunaan. Perubahan ini menandakan bahwa sikat gigi sudah waktunya diganti, karena dapat mengurangi efektivitas dalam membersihkan gigi dan gusi dengan baik.

Perubahan Warna Bulu sikat

Perubahan warna bulu sikat gigi menandakan bahwa sudah waktunya untuk mengganti sikat gigi. Perubahan ini disebabkan karena dapat menunjukkan adanya penumpukan bakteri dan jamur yang sulit dihilangkan meskipun sudah dicuci.

Penumpukan Pasta Gigi

Hal ini dapat terjadi jika kamu malas untuk membersihkan sikat gigi secara menyeluruh, menyebabkan penumpukan pasta gigi pada tutup sikat ataupun di sela-sela bulu sikat. Penumpukan ini tidak hanya mengurangi kemampuan sikat gigi dalam membersihkan gigi, tetapi juga dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Masa Pemakaian Lebih dari 3 Bulan

Secara umum, sikat gigi perlu diganti setiap 3 bulan sekali, bahkan jika tidak terlihat ada kerusakan. Ini karena sikat gigi yang digunakan terlalu lama dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

Dengan memperhatikan langkah kecil, tanda bahwa sikat gigi seharusnya di ganti secara teratur memberikan dampak yang positif bagi kesehatan gigi kita. 




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health