Ilustrasi orang mengalami sariawan. (Freepik)
Ilustrasi orang mengalami sariawan. (Freepik)
KOMENTAR

MASALAH gangguan mulut yang sering terjadi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah sariawan.

Semua orang rasanya pernah mengalami gangguan mulut seperti sariawan, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berbicara akibat rasa perih yang dirasakan pada bibir, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sariawan bisa disebabkan oleh kebiasaan dalam membersihkan gigi yang kurang tepat dan pola makan yang tidak sehat. Selain itu, beberapa kondisi kesehatan tertentu juga dapat memicu terjadinya sariawan yang mengganggu.

Walaupun bukan merupakan kondisi yang serius, sariawan tetap dapat sangat mengganggu ketika dirasakan. Sebagian besar sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hingga dua minggu.

Berikut ini 5 kebiasaan yang dapat menyebabkan sariawan yang Farah.id himpun dari berbagai sumber.

Konsumsi Makanan Asam

Tanpa kita sadari, ternyata terlalu sering mengonsumsi makanan yang bersifat asam, seperti jeruk atau tomat, dapat menimbulkan sariawan.

Kelebihan asam dalam makanan bisa mengiritasi lapisan mulut dan menyebabkan luka kecil yang dikenal sebagai sariawan bahkan kandungan asam yang tinggi memperburuk sariawan yang sudah muncul.

Menyikat Gigi Terlalu Kuat

Menyikat gigi dengan terlalu kuat juga dapat menyebabkan sariawan, karena tekanan yang berlebihan bisa mengiritasi gusi dan dinding mulut pada akhirnya dapat menyebabkan luka dan berkembang menjadi sariawan.

Pemilihan sikat gigi juga berperan penting, sebaiknya hindari sikat gigi dengan bulu yang kasar untuk mengurangi risiko terjadinya sariawan.

Kekurangan Asupan Nutrisi

Peranan nutrisi memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kurangnya asupan nutrisi seperti vitamin B12, asam folat, dan zat besi memudahkan sariawan untuk datang dengan mudah. Kurangnya  memenuhi asupan kalsium juga dapat memperburuk kondisi ini.

Obat-obatan Tertentu  

Efek samping dari penggunaan obat tertentu dapat memicu timbulnya sariawan. Beberapa obat dapat menyebabkan iritasi pada jaringan mulut atau mengubah keseimbangan bakteri di mulut, sehingga dapat memicu munculnya sariawan.

Terlalu Banyak Pikiran

Jarang diketahui ternyata terlalu banyak pikiran atau stres berlebih berpengaruh dalam potensial dalam timbulnya sariawan.  

Salah satu teori menyebutkan bahwa saat seseorang merasa cemas atau stres, mereka mungkin lebih sering menggigit pipi atau bibir. Perilaku ini bisa menyebabkan trauma pada mulut, yang pada gilirannya dapat memicu munculnya sariawan. 




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health