Ilustrasi lansia yang sedang mengingat-ingat. (Unsplash)
Ilustrasi lansia yang sedang mengingat-ingat. (Unsplash)
KOMENTAR

DI usia lanjut, penting untuk menjaga kesehatan dengan memenuhi asupan makanan bernutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh. Nutrisi yang tepat tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan energi harian tetapi juga berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, mendukung fungsi organ-organ vital, dan menjaga keseimbangan kesehatan secara keseluruhan.

Dengan menerapkan pola makan yang bernutrisi penting untuk membantu daya ingat tetap tajam dan mendukung fungsi kognitif yang optimal. Asupan nutrisi yang tepat tidak hanya memperkuat kesehatan otak tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan mental seiring bertambahnya usia.

Sebuah penelitian menyatakan volume otak menurun 5 persen setelah usia 40 tahun penurunan ini mempengaruhi fungsi daya ingat pada otak, sebab itu penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan sesuai.

Berikut ini beberapa asupan nutrisi yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya ingat pada lansia.

Telur

Kandungan protein dalam telur dapat membantu meningkatkan daya ingat pada lansia. Selain itu, telur juga berperan dalam mendukung fungsi saraf dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Nutrisi lain dalam telur, seperti kolin, turut membantu menjaga fungsi kognitif dan memperkuat komunikasi antar sel-sel saraf.

Ikan

Lemak pada ikan salmon atau sarden kaya akan kandungan omega-3 yang tinggi cocok untuk perkembangan daya tahan ingat. Omega-3 ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan mencegah penurunan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran hijau seperti kale, bayam, dan brokoli dapat memperoleh kandungan vitamin K. Vitamin K bantu menjaga kemampuan memori pada lansia sehingga baik dikonsumsi setiap harinya.

Kacang-kacangan

Sejumlah nutrisi penting dalam kacang dapat mendukung kesehatan otak. Sebuah studi menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi kacang dalam jumlah wajar dapat mengalami peningkatan daya ingat yang lebih tajam. 




Pertolongan Pertama pada Gigi Berlubang

Sebelumnya

Alpukat, Buah Kaya Nutrisi yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health