Acara Puncak DUTA SMA 2024 yang dihadiri juga oleh Direktur SMA Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Winner Jihad Akbar/tirto.id
Acara Puncak DUTA SMA 2024 yang dihadiri juga oleh Direktur SMA Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Winner Jihad Akbar/tirto.id
KOMENTAR

PUNCAK penyelenggaraan Duta Sekolah Menengah Atas (SMA) 2024 telah selesai digelar di Tangerang, Banten, Jumat, 19 Juli 2024. Sebanyak 76 siswa-siswi terbaik SMA dari seluruh provinsi di Indonesia berkompetisi memperebutkan gelar Duta SMA tingkat Nasional.

Kompetisi ini dilaksanakan oleh Direktorat SMA dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan misi mencari siswa-siswi unggul yang diharapkan dapat menjadi pemimpin bangsa. Kegiatan ini dilakukan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Peserta yang mengikuti kompetisi ini berusia antara 15 hingga 17 tahun. Sebelumnya, mereka mendapatkan pembekalan berupa penguatan yang berkaitan dengan leadership, public speaking, protokol, dan nilai-nilai Pancasila serta nasionalisme. Dilanjutkan dengan unjuk bakat masing-masing peserta.

Kegiatan Duta Sekolah SMA ini diikuti lebih dari 3.000 pendaftar dan terlebih dulu melalui tahapan seleksi. Dan di penghujung kegiatan, terpilih Duta SMA Nasional 2024 yaitu Kemal Ananda Syafaat dari SMAN 1 Depok, Jawa Barat dan Clara Putri Rosari Miehemie dari SMAN 1 Magelang, Jawa Tengah.

Kemal sendiri adalah seorang siswa peserta program pertukaran pelajar AFS KL-Yes di Amerika Serikat pada periode 2023-2024. Sedangkan Clara Putri Rosari Miehemie adalah Ambassador UI for School 2023.

Selanjutnya, baik Kemal maupun Clara mengemban tugas menjadi role model bagi rekan-rekan sebaya.

Dalam acara Malam Puncak Duta SMA 2024, terpilih beberapa Duta SMA Nasional dengan berbagai kategori, sebagai berikut:

- Duta SMA Nasional 2024:

  • Kemal Ananda Syafaat dari SMAN 1 Depok, Jawa Barat
  • Clara Putri Rosari Miehemie dari SMAN 1 Magelang, Jawa Tengah

- Duta SMA Terinspiratif 2024:

  • Jesslyn Evania Yoshe Kwan dari SMA Ignatius Global School Palembang, Sumatra Selatan

- Duta SMA Informatif 2024:

  • Dayinta Wisnu Siwi dari SMAN 1 Tanjung Bintang, Lampung

- Duta SMA Berbakat 2024:

  • Okta Safiea dari SMAS Muhammadiyah Tanjung Pandan, Kepulauan Bangka Belitung

- Duta SMA Persahabatan 2024:

  • Darwis Eka Setyadi dari SMAN 3 Merauke, Papua Selatan

- Duta SMA Terfavorit 2024:

  • Griselda Rizke Cellia Putri dari SMAN 3 Malang, Jawa Timur

Direktur SMA Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Winner Jihad Akbar, menyampaikan beberapa pesan penting kepada para peserta Duta SMA 2024. Peserta diharapkan mampu mengikuti arus perubahan teknologi dan inovasi secara bijak dan berkelanjutan. Di era disrupsi yang masif, pendidikan juga harus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Penyelenggaraan Duta SMA bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang diperlukan untuk menghadapi persaingan dunia digital. Revitalisasi dan penguatan karakter sangat penting agar generasi muda mampu beradaptasi dengan digitalisasi. Generasi Z harus mampu mengubah cara berpikir dan menerobos pelabelan negatif. Peserta Duta SMA diharapkan dapat menjadi agen perubahan (agent of change) yang kreatif dan inovatif.

Generasi muda saat ini memiliki peran penting dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045. Dengan mengembangkan potensi dan kompetensi, peserta Duta SMA diharapkan dapat menjadi pemimpin yang hebat di masa depan. Peserta Duta SMA diharapkan dapat menjadi jembatan inspirasi dan penyambung lidah bagi siswa-siswi di seluruh Indonesia. Mereka harus memiliki pola pikir yang bertumbuh (growth mindset) dan terus belajar tanpa puas dengan kondisi saat ini.

Winner Jihad Akbar menekankan bahwa peserta Duta SMA dapat berkontribusi dalam menciptakan generasi muda yang lebih kreatif, inovatif, dan mampu memimpin bangsa ini di masa depan.




Y.O.U Berkolaborasi dengan Love Pink dalam Kampanye #CaringGlow, Bukti Nyata Kepedulian terhadap Perempuan Indonesia

Sebelumnya

Tak Hanya Sekadar Hunian, Summer Home by ID12 Persembahkan ‘Rumah Berlibur’

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E