[Ki-Ka] Pauline, Temmy Sumarlin, Dinda Wahyu Shafania, dan Rizkia Januari Putri dalam konferensi pers Muslimah Creative Day & Halal Creative Forum 2024 (25/7) di GKM Green Tower. (Dok. Scarf Media)
[Ki-Ka] Pauline, Temmy Sumarlin, Dinda Wahyu Shafania, dan Rizkia Januari Putri dalam konferensi pers Muslimah Creative Day & Halal Creative Forum 2024 (25/7) di GKM Green Tower. (Dok. Scarf Media)
KOMENTAR

SCARF Media, sebagai media digital yang fokus ke gaya hidup halal, kembali menghadirkan event tahunan Muslimah Creative Day 2024. Menariknya, pada tahun ini dihadirkan pula pre-event bertajuk Halal Creative Forum.

Rangkaian acara diawali Halal Creative Forum digelar pada tanggal 5 September  2024 bertempat di Balairung Gedung Sapta Pesona Jakarta dilanjutkan Muslimah Creative Day 2024 pada tanggal 6-8 September 2024 di City Hall  Pondok Indah Mall 3 Jakarta Selatan.  

Untuk Itu, Scarf Media menggelar press conference Muslimah Creative Day 2024 dan Halal Creative Forum 2024 bersama narasumber yaitu Temmy Sumarlin (Founder & CEO Scarf Media), Dinda Wahyu Shafania (Assistant Creative Director Dian Pelangi), dan Rizkia Januari Putri (Wardah Decorative PR) yang hadir di GKM Green Tower, Jakarta Selatan pada Kamis (25/7).

Tidak ketinggalan hadir secara daring lewat layar video yaitu Yuke Sri Rahayu selaku Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Diden Zeynep Celebi yang merupakan Desainer sekaligus Founder Celebi asal Belgia.

Temi Sumarlin selaku CEO Scarf Media mengatakan, “Kedua event ini bukan hanya  bisa membantu para pelaku industri kreatif tetapi menjadi rujukan untuk  pemberintah untuk menghasilkan kebijakan strategis bagi industri kreatif halal di  Indonesia.”

Halal Creative Forum akan mengulas berbagai tema mulai dari teknologi yang digunakan dalam industri halal creative sampai membahas masa depan industri fesyen Indonesia, Forum akan dibuat fullday sesi pagi dan siang dengan menghadirkan para speaker dari dalam dan luar negeri.

Ada nama Didem Zeynep Celebi (Fashion Designer) dari Belgia, Marc Sibler (CMO dari PT Testex) dari Switzerland, Aaliya Mia (Head of Modest Fashion Dinar Standar Dubai), Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), James Jan Markus (Founder  Bapak2id), Khanaan Shamlan (Fashion Designer Khanaan Shamlan), Meity Savitri  (Fashionpreneur dan Founder Haidee & Orlin), Merryta (Sales and Marketing  Director Pulau Intan Lestari), dan banyak lagi.

Selanjutnya, Muslimah Creative Day akan menjadi tempat bersinerginya halal creative ecosystem yang digagas muslimahpreneur. Selama tiga hari penyelenggaraan, akan ada bazaar dari lebih dari 100 brand modest fashion dari Indonesia, Singapura, dan Belgia, ada pula interactive digital mapping, iFashion show, charity, inspiring talks, penganugerahan Inspiring Muslimah Award, dan kick off pencarian Face Off Muslimah 2025.

Dari 100 lebih jenama fesyen yang berpartisipasi dalam Muslimah Creative Day 2024, sejumlah di antaranya adalah Benang Jarum, Nada Puspita, Vivi Zubedi, Ria Miranda, Zaskia Sungkar, Shi by Shireen Sungkar, Damakara, Nueta, Lozy Hijab, Heidee & Orlin, Dian Pelangi, Kain Singapore, serta Celebi Belgia.

Didem Zeynep Celebi selaku Founder Celebi dari Belgia menyatakan kebanggaan dan rasa terima kasihnya karena diajak bergabung dalam event akbar yang digagas Scarf Media.

“Saya baru mengenakan hijab setahun terakhir dan merasa sangat kesulitan menemukan modest fashion di Belgia, dan karena itulah saya mulai membangun Celebi. Tantangannya adalah saya (seringkali) merasa sendirian, tapi akhirnya saya menyadari bahwa saya tidak sendiri, dan saya yakin Allah akan membukakan jalan saya untuk mengembangkan modest fashion di Belgia,” ungkap Didem Zeynep.

Menurut Didem Zeynep, Celebi adalah hasil karyanya yang terinspirasi dari alam yang dekat dengan warna hijau dan biru serta detail yang unik. Para follower Didem tentu tak sabar menanti koleksi Celebi diperagakan di runway Muslimah Creative Day 2024.

“Terus terang saya belum mengetahui banyak tentang modest fashion di Indonesia, tapi dengan kehadiran saya di Muslimah Creative Day dan Halal Creative Forum 2024, saya ingin sekali lebih mengenal dan belajar dari modest fashion Indonesia yang sudah berkembang pesat,” ujar Didem Zeynep.

Sementara itu, Yuke Sri Rahayu selaku Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf menyatakan apresiasinya terhadap Scarf Media yang konsisten menghadirkan acara tahunan Muslimah Creative Day.

Menurut Yuke, sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, Muslimah Creative Day sukses melejitkan para pelaku UMKM industri halal kreatif--terutama perempuan--untuk terus tumbuh dan berkembang sehingga membentuk ekosistem gaya hidup halal yang saling menguntungkan sekaligus kian melambungkan nama Indonesia di mata internasional.

Pada penyelenggaraannya tahun ini, Muslimah Creative Day diharapkan dapat menarik semakin banyak pengunjung dan pastinya semakin banyak muslimah yang mendapatkan manfaat dari kegiatan ini.  

Penjualan tiket event Muslimah Creative Day 2024 bisa didapatkan di aplikasi Tiptip. Jangan sampai ketinggalan.




Y.O.U Berkolaborasi dengan Love Pink dalam Kampanye #CaringGlow, Bukti Nyata Kepedulian terhadap Perempuan Indonesia

Sebelumnya

Tak Hanya Sekadar Hunian, Summer Home by ID12 Persembahkan ‘Rumah Berlibur’

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E