Pepaya, buah dengan banyak manfaat. (Pinterest)
Pepaya, buah dengan banyak manfaat. (Pinterest)
KOMENTAR

PEPAYA merupakan salah satu buah tropis yang sering kita jumpai baik di pasar. Selain mudah didapat dan harganya yang terjangkau, buah pepaya memiliki banyak vitamin yaitu, magnesium, vitamin B1, B3, B5, E, K dan antioksidan.

Buah pepaya merupakan jenis buah yang familiar dan disukai oleh sebagian besar masyarakat. Buah pepaya memiliki daging yang lunak dan memiliki warna merah atau kuning. Rasanya manis, menyegarkan, dan mengandung banyak air.

Buah papaya nyatanya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita. Apa saja?

1. Baik untuk pencernaan

Papain dalam pepaya membuat protein lebih mudah dicerna. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang yang rutin mengonsumsi pepaya selama 40 hari terbukti lebih aman terhadap sembelit dan kembung.

Selain itu, mengonsumsi pepaya yang kaya akan serat dan air juga dapat mencegah sembelit dan membantu buang air besar lebih teratur.

2. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi pepaya secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pepaya mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat mencegah penumpukan kolesterol dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan hipertensi.

3. Baik untuk penderita diabetes

Rutin mengonsumsi buah pepaya yang sudah difermentasi disebut bisa membantu menurunkan kadar gula pada pengidap diabetes. Disarankan untuk memilih pepaya yang sudah difermentasi, karena kadar gula dalam buah ini sudah lebih stabil.

Bukan berarti buah pepaya segar tidak boleh dikonsumsi pengidap diabetes. Karena memiliki kandungan air dan gula yang cenderung tinggi, pepaya sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

4. Kaya Vitamin A, C, dan E

Manfaat pepaya lainnya adalah berkaitan dengan sistem imun tubuh. Buah yang satu ini kaya akan vitamin A, C, dan E. Vitamian C menjadi salah satu jenis vitamin yang cukup tinggi kandungannya. Mengutip salah satu studi yang dimuat jurnal Nutrients berjudul “Vitamin C and Immune Function”, diketahui bahwa vitamin C adalah vitamin yang sangat penting untuk mengoptimalkan imun tubuh.

5. Membantu menyembuhkan kanker

Buah pepaya disebut dapat meminimalkan kanker di tubuh. Untuk penderita kanker maupun seseorang yang ingin mencegah kanker, bisa mengonsumsi buah pepaya sebanyak 100 gram hingga 300 gram atau 1 sampai 3 potong panjang per hari. Namun, tidak disarankan lebih dari itu karena bisa menyebabkan diare.




Pengaruh Pola Makan Seimbang terhadap Kesehatan Tulang Remaja

Sebelumnya

Pengendalian Rokok untuk Melindungi Kesehatan Paru-Paru

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health