Tebet Eco Park tampak dari atas. (Jakarta Tourism)
Tebet Eco Park tampak dari atas. (Jakarta Tourism)
KOMENTAR

TEBET ECO PARK merupakan fasilitas umum yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Taman yang terletak di Jl. Tebet Barat Raya, Jakarta Selatan ini berfungsi sebagai sarana rekreasi dan edukasi bagi warga sekitar maupun masyarakat Jakarta.

Dengan area seluas 7,3 hektare, Tebet Eco Park hadir sebagai ruang terbuka hijau yang menjadi sarana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Dilansir dari official Instagram @tebetecopark, kawasan Tebet dulunya merupakan rawa-rawa dan lahan bersemak yang menyerupai hutan lebat.

Dahulu, kata "lebat" disebut dengan kata "tebat" yang berarti rawa. Kemudian masyarakat sekitar lebih mudah menyebutnya dengan kata "Tebet".

Tebet Eco Park juga punya peran penting dalam pelestarian lingkungan ekosistem sekitar. Termasuk sebagai Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Selatan.

Taman merupakan media dimana semua orang dapat melakukan berbagai aktivitas sosial. Fasilitas umum ini sekarang sudah tersedia di berbagai wilayah di Jakarta. Salah satunya adalah Taman Eco Park.

Tebet Eco Park yang diresmikan pada April 2022 ini memiliki infrastruktur seperti Infinity Link Bridge, Community Garden, Children Playground, Community Lawn, Forest Buffer, Plaza, Thematic Garden, dan Wetland Boardwalk.

Setiap zona yang ada di Tebet Eco Park dirancang agar memiliki fungsi yang mendorong tingkat kreativitas dan edukasi masyarakat.

Contohnya seperti pada zona Community Garden yang diperuntukkan bagi komunitas lokal untuk beraktivitas atau bercocok tanam, serta untuk kegiatan edukasi berkebun bagi anak-anak sekolah maupun umum. Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai dan daya guna lahan bagi masyarakat sekitar.

Bagi kamu yang berencana untuk mengunjungi Tebet Eco Park (Taman Honda) pada saat liburan, pastikan kamu sudah mengisi formulir kunjungan pada aplikasi JAKI. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya tiket masuk, baik pada saat hari biasa maupun hari libur nasional seperti libur lebaran.

Jam operasional Tebet Eco Park (Taman Honda) terdiri dari 2 sesi yang dibuka setiap hari, yaitu pada pukul 07.00 -11.00 WIB dan pada pukul 13.00 -17.00 WIB.




Menengok Keindahan Pulau Anambas yang Masih Asri

Sebelumnya

6 Fakta Unik tentang Gunung Rinjani, Kamu Ingin Tahu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon