Ilustrasi ibu hamil. (Freepik/tirachardz)
Ilustrasi ibu hamil. (Freepik/tirachardz)
KOMENTAR

MASA kehamilan membuat ibu hamil rentan mengalami gangguan kesehatan yang dapat berdampak buruk bagi dirinya maupun janin. Karena itu, ibu hamil perlu memperhatikan sejumlah pantangan demi menjaga imunitas tubuh agar lebih kuat.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta menjalani pola hidup sehat agar perkembangan janin lebih terjaga.

Selain itu, ada sejumlah pantangan yang sebaiknya dihindari ibu hamil. Hal ini tentunya untuk memastikan kesehatan ibu hamil terjaga dengan lebih baik.

Berikut ini 7 (tujuh) pantangan yang wajib diketahui dan dihindari ibu hamil, dikutip dari Siloam Hospitals.

1. Mengonsumsi Makanan Mentah

Ibu hamil harus menghindari makanan mentah atau belum matang sempurna, terutama telur, daging, ikan, dan sayuran mentah. Konsumsi makanan tersebut diketahui turut meningkatkan risiko infeksi bakteri Salmonella, yang dapat menyebabkan keracunan makanan sehingga mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.

2. Melakukan Aktivitas Fisik yang Berat

Melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang berat merupakan pantangan bagi ibu hamil terutama di trimester 3 karena berisiko menyebabkan cedera pada perut dan kontraksi dini. Namun demikian, ibu hamil tetap diperkenankan untuk melakukan olahraga ringan seperti senam ibu hamil, jalan pagi, atau yoga.

3. Merokok

Merokok adalah kebiasan buruk yang menjadi pantangan ibu hamil berikutnya. Rokok mengandung nikotin yang berbahaya bagi ibu hamil karena memicu ketuban pecah dini hingga keguguran. Selain itu, kebiasaan merokok pada ibu hamil juga turut menyebabkan infeksi dan cacat janin.

4. Mengonsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol menjadi pantangan saat hamil karena dapat meningkatkan risiko cacat janin. Selain itu, konsumsi alkohol saat hamil juga turut menimbulkan fetal alcohol syndrome yang dapat mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan.

5. Stres

Stres merupakan reaksi tubuh ketika mendapatkan tekanan atau ancaman dari lingkungan sekitar. Kondisi ini membuat tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah banyak yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti depresi, hipertensi, hingga gangguan jantung. Bila dialami oleh ibu hamil, stres dapat menghambat asupan oksigen dan nutrisi pada janin.

6. Kurang Tidur

Kurang tidur juga termasuk pantangan bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko hipertensi, diabetes gestasional, preeklamsia, serta depresi. Bila mengalami sulit tidur saat hamil, cobalah untuk menerapkan teknik relaksasi sebelum tidur, seperti mengatur napas dan peregangan ringan.

7. Mengonsumsi Nanas Berlebih

Nanas merupakan buah pantangan ibu hamil muda karena memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat memicu kontraksi rahim. Bila terjadi ketika usia kehamilan masih muda, kontraksi tersebut berisiko menyebabkan keguguran. Demikian, ibu hamil masih diperbolehkan mengonsumsi buah nanas selama tidak dilakukan secara berlebihan.




Memahami Pengertian Overnutrisi dan Undernutrisi untuk Cegah Malnutrisi Sejak Dini

Sebelumnya

Bahaya Pola Makan Cepat Saji bagi Remaja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health