Legenda bulu tangkis putri Indonesia Susy Susanti. (Instagram/@susysusantiofficial)
Legenda bulu tangkis putri Indonesia Susy Susanti. (Instagram/@susysusantiofficial)
KOMENTAR

LUCIA Francisca Susy Susanti atau yang lebih dikenal dengan Susy Susanti adalah seorang legenda bulu tangkis Indonesia keturunan Tionghoa yang dikenal sebagai salah satu pemain bulu tangkis putri terbaik dunia.

Alumnus STIE Perbanas kelahiran kelahiran Tasikmalaya, 11 Februari 1971 ini mulai dikenal dunia internasional setelah meraih gelar juara pada akhir 1980-an hingga 1990-an.

Puncak kariernya adalah saat meraih medali emas pertama bagi Indonesia di ajang Olimpiade 1992 Barcelona. Selain itu, Susy Susanti juga memenangkan berbagai kejuaraan bergengsi dunia lainnya, termasuk Juara All England pada tahun 1990, 1991, 1993, dan 1994, Juara Dunia IBF pada tahun 1993, dan peraih emas Asian Games 1990 dan 1994.

Susy Susanti telah banyak mendapatkan penghargaan atas kontribusinya terhadap bulu tangkis dan olahraga Indonesia.  Namanya bahkan masuk ke dalam Badminton Hall of Fame pada tahun 2004 sebagai bentuk penghargaan atas dedikasinya dalam olahraga bulu tangkis.

Oleh karena itu, Susy susanti dikenal bukan hanya karena prestasinya di lapangan, tetapi juga karena semangat dan dedikasinya yang menjadi inspirasi bagi banyak atlet muda di Indonesia

Susy menikah dengan Alan Budikusuma yang juga seorang pemain bulu tangkis Indonesia pada 9 Februari 1997. Pasangan Olimpiade Barcelona ini dikaruniai tiga anak yaitu Laurencia Averina Wiratama, Albertus Edward Wiratama, dan Sebastianus Frederick Wiratama.

Setelah gantung raket, Susy dan Alan kemudian menekuni bisnis peralatan olahraga. Mereka merintis Astec alias Alan Susi Technology, dengan tujuan membuat produk yang membantu para atlet Indonesia mendapatkan produk kebutuhan olahraga dengan harga terjangkau namun berstandar internasional.

Dan kini, Astec yang merupakan buatan anak bangsa yang diproduksi di dalam negeri telah berkembang menjadi bagian gaya hidup sehat masyarakat Indonesia.




Hannah Lucy Cockroft, Atlet Asal Inggris Peraih 7 Kali Juara Paralimpiade

Sebelumnya

Pasangan Ibu-Anak Ganda Putri Tenis Meja Christine Ferliana & Cindy Marcella Putri: "Mama Cerewet Karena Ingin Kami Memberikan Penampilan Terbaik di PON XXI"

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women