Kaya nutrisi, telur ayam punya banyak manfaat untuk kesehatan. (Pinterest)
Kaya nutrisi, telur ayam punya banyak manfaat untuk kesehatan. (Pinterest)
KOMENTAR

TELUR adalah salah satu sumber protein hewani yang memiliki rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Pada kenyataannya telur ayam yang paling populer di kalangan konsumen. 

Telur merupakan bahan pangan yang sangat baik untuk anak-anak yang sedang tumbuh dan memerlukan protein dalam jumlah cukup banyak. Telur juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil juga ibu menyusui.

Komponen utama telur adalah kulit telur, putih telur (albumen) dan kuning telur. Zat makanan pada putih telur yang terbanyak adalah protein albumin dan paling sedikit adalah lemak. Telur merupakan sumber protein yang sangat baik di samping susu. Telur kaya akan asam-asam amino, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.

Selain sebagai sumber vitamin, telur juga sebagai sumber mineral. Kandungan mineral telur hampir sama dengan kandungan mineral dalam susu. Mineral yang terkandung dalam telur yaitu besi, fosfor, kalsium, tembaga, yodium, magnesium, mangan, potasium, sodium, zink, klorida dan sulfur. 

Dengan kayanya kandungan nutrisi, telur memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita, dikutip dari Halodoc.

1. Membentuk jaringan tubuh

Kandungan protein pada telur berperan besar dalam pembentukan sel-sel tubuh. Mulai dari otot, otak, peredaran darah sampai tulang.  Tidak sampai di situ, protein juga punya peranan besar dalam proses metabolisme, produksi energi, produksi hormon, dan penyembuhan luka.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Telur dapat meningkatkan kadar HDL dalam tubuh sehingga risiko penyakit jantung dan stroke bisa menurun. Kandungan asam lemak omega-3 dalam beberapa jenis telur juga dapat menurunkan trigliserida dalam darah.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin D dan fosfor dalam telur berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, yang penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. 

4. Menjaga kesehatan mata

Selain protein, bahan makanan ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan tersebut berfungsi menjaga kesehatan mata dari paparan sinar matahari.

5. Menunjang kesehatan otak

Kesehatan otak juga bisa terjaga berkat kandungan kaolin pada telur. Zat yang mirip seperti vitamin B ini punya peran penting dalam perkembangan otak janin selama kehamilan. 




Memahami Pengertian Overnutrisi dan Undernutrisi untuk Cegah Malnutrisi Sejak Dini

Sebelumnya

Bahaya Pola Makan Cepat Saji bagi Remaja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health