Najwa Shihab, dari Mata Najwa ke Narasi. (Instagram/@najwashihab)
Najwa Shihab, dari Mata Najwa ke Narasi. (Instagram/@najwashihab)
KOMENTAR

NAJWA Shihab S.H., LL.M., adalah seorang jurnalis dan presenter televisi terkenal di Indonesia. Dia kerap dikenal dengan panggilan Nana, lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 16 September 1977. Najwa adalah putri dari Quraish Shihab yang seorang cendekiawan Islam terkemuka.

Mengaku memiliki privilege karena masuk sekolah yang bagus, Najwa tercatat sebagai alumunus Fakultas Hukum Universitas Indonesia angkatan 1996. Sebelumnya, pada masa SMA, dia terpilih mengikuti program American Field Service yang dilaksanakan Yayasan Bina Antarbudaya, di mana dia berkesempatan menetap selama satu tahun di Amerika Serikat.

Dilansir dari berbagai sumber, Najwa memulai karier sebagai wartawan magang di RCTI pada tahun 2000.  Setelah lulus S1, Najwa memilih bergabung di Metro TV. Di sanalah ia mengasah kemampuannya sebagai jurnalis.

Dia kemudian dikenal luas sebagai pembawa acara "Mata Najwa," sebuah program talk show yang membahas isu-isu politik dan sosial, dengan gaya investigatif yang kritis.

Beberapa tamu yang pernah hadir antara lain mantan Presiden B.J Habibie dan Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Boediono dan Jusuf Kalla, serta Joko Widodo yang kala itu masih berstatus mantan Gubernur DKI Jakarta. Program Mata Najwa mendapatkan banyak pengakuan dan penghargaan, menjadikan Najwa sebagai salah satu jurnalis paling berpengaruh di Indonesia.

Pada 23 Agustus 2017, Najwa memutuskan untuk mengundurkan diri dari Metro TV dan meluncurkan platform medianya sendiri, Narasi TV. Platform ini fokus pada konten digital yang mencakup berita, hiburan, dan berbagai program lainnya.

Selain karier jurnalismenya, Najwa juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan pendidikan. Salah satunya, Najwa merupakan Duta Baca Indonesia dan Duta Pustaka Bergerak (2016-2020) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tugas utamanya adalah menyebarluaskan minat baca ke penjuru negeri.

Beberapa buku tentangnya meliputi Mantra Layar Kaca (Fenty Effendy) 2015, Catatan Najwa (Najwa Shihab) 2016, dan Berguru News Anchor pada Najwa Shihab yang diterbitkan Republika.

Berkat kepiawaiannya sebagai jurnalis, Najwa sering diundang sebagai pembicara dalam berbagai forum dan seminar, baik di dalam maupun luar negeri. Nama Najwa Shihab dikenal dengan keberaniannya dalam menyampaikan opini dan mengangkat isu-isu penting, serta dedikasinya meningkatkan kualitas jurnalistik di Indonesia.




Ganda Putri Tenis Meja Christine Ferliana & Cindy Marcella Putri: "Mama Cerewet Karena Ingin Kami Memberikan Penampilan Terbaik di PON XXI"

Sebelumnya

Makin Produktif di Usia 78 Tahun, Legenda Musik Country Ini Jadi Pengusaha Taman Hiburan Hingga Beauty Brand

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women