Ilustrasi perempuan yang tidak tidur hingga dini hari. (Pinterest/@John Carter)
Ilustrasi perempuan yang tidak tidur hingga dini hari. (Pinterest/@John Carter)
KOMENTAR

BERGADANG (atau begadang) adalah kebiasaan pada malam  hari dan tidur saat pagi tiba. Seseorang pasti pernah bergadang semasa hidupnya, terutama bagi anak muda atau mahasiswa yang notabene sangat sering belajar atau mengerjakan tugas hingga larut malam.

Mengapa banyak orang bergadang?

Ada banyak orang cenderung lebih fokus mengerjakan sesuatu di malam hari, ada pula yang menunda pekerjaannya hingga larut malam sehingga mengakibatkan bergadang untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Ada pun penyebab seseorang bergadang adalah ketika ia seakan-akan sedang menikmati hiburan seperti menonton film atau hiburan lainnya yang mengakibatkan orang tersebut melakukan aktivitas hingga larut malam tanpa menyadarinya.

Selain itu tentunya ada beberapa alasan lain yang mengharuskan seseorang bergadang, kemudian mereka lebih memilih untuk melakukan segala cara agar bisa bergadang misalnya dengan cara minum kopi.

Kenyataannya minum kopi dapat membuat seseorang terjaga di malam hari namun efek dari minum kopi sendiri tidak serta merta membuat semua orang terjaga melainkan hanya sebagian orang saja yang dapat merasakan efeknya.

Apa saja dampak buruk bergadang?

Ternyata banyak dampak buruk bergadang bagi kesehatan seseorang.

Mulai dari sulit berkonsentrasi, munculnya penyakit serius (lambung, serangan jantung, stroke, tekanan darah rendah, dan sebagainya), menurunnya daya tahan tubuh, rentan mengalami depresi, dan masih banyak lagi dampak fatal dari bergadang. Bergadang juga dapat menyebabkan kematian bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Akhir-akhir ini di media sosial banyak sekali kasus di mana seseorang meninggal dunia akibat bergadang. Salah satunya tentang mahasiswa yang kesehariannya tidak jauh dari bergadang dan makan larut malam kemudian ditemukan meninggal dunia.

Berita buruk itu tentunya menjadi ancaman sekaligus peringatan agar kita selalu waspada dan hati-hati dalam beraktivitas, serta menghindari bergadang.

Bagaimana agar tidak sering bergadang?

Berikut ini beberapa tips untuk menghindari bergadang hingga pagi hari.

  • Usahakan untuk tidur tepat waktu, jangan sampai jam tidur terganggu karena bergadang.
  • Jangan terlalu sering mengonsumsi kafein karena kafein dapat membuat sebagian orang terjaga. Usahakan untuk tidak mengonsumsi kopi di malam hari. Saran ini merupakan saran yang paling umum untuk menghindari bergadang.
  • Mengurangi aktivitas malam di luar rumah.
  • Mengurangi penggunaan gadget minimal 1 jam sebelum tidur
  • Berolahraga secara teratur 3-4 kali seminggu minimal selama 30 menit.
  • Menghindari minuman berkafein.

Jadi kalau tidak artinya, lebih baik tidak usah bergadang.




Pengaruh Pola Makan Seimbang terhadap Kesehatan Tulang Remaja

Sebelumnya

Pengendalian Rokok untuk Melindungi Kesehatan Paru-Paru

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health