FESyar KTI 2024. (X/@bank_indonesia)
FESyar KTI 2024. (X/@bank_indonesia)
KOMENTAR

BANK Mega Syariah berpartisipasi dalam Festival Ekonomi Syariah (FESyar) yang berlangsung di Kendari pada 7-10 Juli dan di Surabaya pada 13-15 September 2024. Acara-acara ini merupakan bagian dari rangkaian menuju Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2024, yang akan berlangsung pada 30 Oktober - 3 November di Jakarta Convention Center, Jakarta. 

Branch Manager Bank Mega Syariah Cabang Kendari, Sulkadri, berharap event FESyar di Kendari dapat meningkatkan literasi dan inklusi perbankan syariah masyarakat Kendari. Kota Kendari memiliki potensi yang besar untuk perbankan syariah mengingat jumlah penduduk muslim yang mencapai 95%.

“Harapannya, semoga festival seperti ini bisa terus eksis dan mendapatkan support yang luar biasa baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sehingga ekonomi syariah bisa terus berkembang dan bisa menjadikan Indonesia sebagai negara dengan perkembangan ekonomi syariah terbaik dan terdepan,” ucapnya.

Bank Indonesia saat ini memiliki empat program unggulan yang dikhususkan bagi pengembangan ekonomi syariah di Kawasan Timur Indonesia (KTI), yaitu Gerakan Sadar Wakaf KTI, Gerakan Halal UMKM KTI, Inisiasi Ekosistem Halal, dan akselerasi literasi ekonomi syariah se-KTI. 

Sulkadri melanjutkan, sebagai upaya untuk memperluas literasi serta inklusivitas layanan keuangan yang sesuai dengan sasaran masyarakat di Indonesia Timur khususnya Kota Kendari, Bank Mega Syariah melakukan pendekatan dan akuisisi di kalangan ormas dan institusi Islam, komunitas muslim dan masjid, seperti Islamic Center Muadz Bin Jabal, Raudhatul Jannah, dan Muslim Bikers Indonesia Chapter kendari.

“Strategi Bank Mega Syariah untuk mencapai target ini meliputi penyebaran pembiayaan ke bagian timur Indonesia, yang bertujuan untuk menciptakan pemerataan ekonomi. Hal ini memerlukan akselerasi inklusi dan literasi melalui strategi edukasi yang lebih masif, terutama menggunakan narasi dan kanal yang relevan bagi anak muda,” terang Sulkadri.

Dengan partisipasi aktif dalam FESyar, Bank Mega Syariah menunjukkan peran pentingnya dalam memperkuat dan membangkitkan ekonomi syariah regional. Melalui sinergi antara berbagai pihak, diharapkan ekonomi syariah di Indonesia semakin kuat dan berkembang, memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

Sepanjang tahun 2023, Bank Mega Syariah telah memberikan literasi keuangan kepada lebih dari 1.300 pelajar dari 15 sekolah dasar dan menengah termasuk pesantren yang ada di berbagai kota di Indonesia. Tahun ini, Bank Mega Syariah semakin masif melakukan literasi kepada pelajar. Hingga Juni 2024, Bank Mega Syariah sudah menjangkau 16 sekolah, 8 universitas dan lebih dari 1.500 pelajar.

Bank Mega Syariah juga secara aktif menyebarkan literasi melalui berbagai platform seperti media sosial dan website perusahaan. Dengan peningkatan eksposur melalui berbagai media, Bank Mega Syariah berharap dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah khususnya produk dan layanan perbankan dari Bank Mega Syariah. 




Gelar BJB EXPORTPRENEUR, bank bjb Siap Lahirkan Eksportir Baru

Sebelumnya

bank bjb Berperan Sebagai Joint Mandated Lead Arranger dalam Fasilitas Kredit Sindikasi untuk PT Rajawali Citra Televisi Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E