Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (paling kiri) saat menjadi narasumber dalam Festival Belajaraya 2024 (4/8) di Pos Bloc Jakarta. (FARAH/Maulin Zahra)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (paling kiri) saat menjadi narasumber dalam Festival Belajaraya 2024 (4/8) di Pos Bloc Jakarta. (FARAH/Maulin Zahra)
KOMENTAR

KEPEMIMPINAN merupakan satu hal penting di tempat kerja, politik, dan bahkan di lingkungan masyarakat. Kepemimpinan adalah tentang mengambil risiko dan menantang status quo. Pemimpin memotivasi orang lain untuk mencapai sesuatu yang baru dan lebih baik. Menariknya, pemimpin melakukan apa yang mereka lakukan untuk mengejar inovasi, bukan sebagai kewajiban. Mereka mengukur keberhasilan dengan melihat pencapaian dan pembelajaran tim. 

Kepemimpinan sering kali dijelaskan melalui apa yang dilakukan pemimpin atau kemampuan yang dimilikinya. Namun, meskipun keterampilan dan perilaku pemimpin individu penting, makna kepemimpinan yang sebenarnya adalah tentang apa yang dilakukan orang bersama-sama. Dengan kata lain, setiap orang dalam suatu organisasi berkontribusi terhadap kepemimpinan. 

Menghadiri Festival Pendidikan Belajaraya 2024, Menkes Budi Gunadi Sadikin ditanya tentang apakah ia sudah bercita-cita menjadi pemimpin sejak masih kecil dan bagaimana ia belajar tentang kepemimpinan.

“Cita cita sebagai pemimpin sebenarrnya saya enggak inget inget amat, cuma yang saya inget adalah dulu waktu kecil saya gemar membaca dan itu menjadi inspirasi buat kita. Kita bakal mikir kapan ya kita bisa seperti ini, belajar jadi pemimpin tidak hanya di sekolah namun ada pemimpin lain yang bisa menginspirasikan untuk kita. Belajar menjadi pemimpin bukan hanya di sekolah formal, tapi juga di aktivitas-aktivitas nonformal,” ungkap Menkes dalam Festival Belajaraya 2024 di Pos Bloc, Jakarta Pusat pada Minggu (4/8) yang dihadiri Farah.id

Menkes Budi juga mengingatkan bahwa menjadi pemimpin tidak harus belajar di sekolah namun kita harus meningkatkan literasi di Indonesia agar anak muda dapat menginspirasikan pemimpin dengan baik. Dengan motivasi tersebut, Menkes Budi berkolaborasi dengan Jaringan Penggerak pendidikan Semua Murid Semua Guru (SMSG) untuk Belajaraya 2024 bertajuk “Merayakan Belajar: Kapan Saja, di Mana Saja, dari Siapa Saja”.

"Pemimpin itu harus jujur dan amanah, sehingga bisa membuat inspirasi buat kita, mengajak kita dan menggerakkan kita untuk mencapai kemajuan,” tegas Menkes.




Menengok Keindahan Pulau Anambas yang Masih Asri

Sebelumnya

6 Fakta Unik tentang Gunung Rinjani, Kamu Ingin Tahu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon