Najwa Shihab (kedua dari kiri) saat menghadiri Belajaraya 2024 (4/8) di Pos Bloc Jakarta. (ID COMM)
Najwa Shihab (kedua dari kiri) saat menghadiri Belajaraya 2024 (4/8) di Pos Bloc Jakarta. (ID COMM)
KOMENTAR

Festival Pendidikan Belajaraya 2024 yang diinisiasi oleh jaringan Semua Murid Semua Guru (SMSG) digelar pada 4 Agustus 2024 di Pos Bloc Jakarta Pusat. Festival yang mengusung semangat kolaborasi ini menghadirkan beragam acara menarik seperti pentas musik, talk show, dan kelas edukatif. Belajaraya 2024 hadir sebagai ajang untuk merangkul semua pihak dalam memperbaiki kondisi pendidikan Indonesia melalui kolaborasi lintas sektor.

Belajaraya 2024 menjadi platform bagi lebih dari 1000 komunitas dan organisasi pendidikan (KOP), figur publik, korporasi, media, dan pemerintah untuk bersama-sama menciptakan perubahan positif dalam ekosistem pendidikan di Indonesia.

Beberapa tokoh Tanah Air juga ikut hadir menjadi narasumber dari Festival Belajaraya 2024. Salah satunya adalah Najwa Shihab yang mengedukasi anak muda tentang ciri pemimpin bangsa yang mau mengambil risiko dan berani menghadapi konflik termasuk berani mengambil keputusan-keputusan yang sulit.

"Banyak kok, walaupun tidak selalu mudah ditemukan di lembaga-lembaga formal, tapi pemimpin-pemimpin informal itu ada banyak sekali. Dan yang perlu kita dorong sekarang bagaimana lembaga-lembaga formal struktural kita diisi oleh pemimpin-pemimpin yang punya kualitas seperti itu. Karenanya penting memastikan proses bermain, proses aturan negara tidak diubah di tengah jalan sesuai kepentingan tertentu, penting memastikan aturan-aturan yang membuat orang mau untuk berpartisipasi, terlibat, bergerak, turun tangan. Karena itu kan ciri-ciri pemimpin," ucap Najwa Shihab.

"Hari-hari pemimpin itu bukan yang mengdikte, pemimpin itu yang bisa menggerakkan. Menggerakkan itu apa? Menggerakkan itu yang bisa membawa nyawa yang membuat rakyatnya bisa percaya akan visi dan tujuan yang sama, rela berkontribusi karena tahu aturannya jelas dan tahu setiap orang punya kesempatan yang sama. Dan sekali lagi, tidak semena-mena dan tidak ujuk-ujuk berubah menjadi kepentingan tertentu, itu yang membuat masyarakat mau berpartisipasi," lanjutnya.

Belajaraya 2024 adalah ajakan bagi kita semua untuk belajar, bergerak, dan bermakna demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Mari bersama-sama merayakan semangat belajar kapan saja, di mana saja, dan dari siapa saja, demi masa depan yang lebih baik.




Hannah Lucy Cockroft, Atlet Asal Inggris Peraih 7 Kali Juara Paralimpiade

Sebelumnya

Pasangan Ibu-Anak Ganda Putri Tenis Meja Christine Ferliana & Cindy Marcella Putri: "Mama Cerewet Karena Ingin Kami Memberikan Penampilan Terbaik di PON XXI"

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women