Taman Langsat yang teduh. (Instagram/@tamanlangsat.jkt)
Taman Langsat yang teduh. (Instagram/@tamanlangsat.jkt)
KOMENTAR

DARI ingar-bingar kota yang tak pernah usai kisahnya, mari sejenak beralih ke Selatan Jakarta, daerah yang paling identik dengan Kota Administrasinya itu nyatanya punya ruang terbuka hijau yang tidak kalah apik dari daerah-daerah lain.

Taman Langsat, si taman hijau dari Selatan, yang merupakan tempat paling tepat untuk melepas penat atau sekadar duduk diam saja di sana, memandang angsa yang tengah berlarian, serta pohon lebat dengan dedaunan rindang seakan memeluk tiap-tiap manusia yang berkunjung ke sana.

Taman Langsat berada di Jalan Langsat Kebayoran Baru Jakarta Selatan, di belakang Pasar Burung Barito. Taman ini mempunyai luas lahan seluas 3,6 hektare.

Jaraknya sekitar 800 meter dari Stasiun MRT Blok M BCA, dan dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit. Bila naik bus TransJakarta, salah satu halte terdekatnya adalah Halte Mayestik dengan jarak sekitar 500 meter. Durasi berjalan kaki dari halte ke taman hampir 10 menit.

Pada awalnya Taman Langsat merupakan tempat penampungan bibit tanaman, namun pada saat ini telah ditingkatkan fungsinya menjadi area penyuluhan pertamanan dan beberapa fasilitas yang dapat dipergunakan untuk umum.

Taman ini bersebelahan dengan Taman Ayodya hanya dengan menyebrang jalan raya saja.

Fasilitas yang bisa digunakan ada jogging track sepanjang 750 meter dengan lintasan selebar 2 meter dan turun naik seperti di perbukitan, lapangan tenis, area koleksi tanaman sebagai fasilitas pengenalan jenis tanaman, kolam teratai dan aliran sungai, arena permainan anak (ayunan & perosotan), serta danau dengan taman Teratai di tengahnya.

Tidak ketinggalan fasilitas yang khusus dibuat untuk orang-orang yang sudah berusia lanjut, tempat pembudidayaan Pohon Palem Raja (yang digunakan sebagai penunjuk arah pada jalan-jalan protokol ibu kota dan Istana Negara), juga tempat pameran flora dan fauna di alam terbuka.

Taman Langsat buka setiap hari mulai pukul 06.30 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Khusus pengunjung yang datang membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, bisa melalui gerbang di Jalan Barito dan memakirkan kendaraan di dekat pos petugas.

Tidak ada tiket masuk yang perlu dibayar masuk Taman Langsat, alias gratis.

Pengunjung bisa langsung masuk ke lokasi, asal tetap menjaga ketertiban dan kebersihan taman.




Menaklukkan Puncak Jayawijaya di Papua

Sebelumnya

Enaknya Mochi, Kue Kenyal Asal Jepang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon