Rifda Irfanaluthfi ingin selalu membanggakan Merah Putih. (Instagram/@rifda_irfanaluthfi)
Rifda Irfanaluthfi ingin selalu membanggakan Merah Putih. (Instagram/@rifda_irfanaluthfi)
KOMENTAR

RIFDA Irfanaluthfi adalah seorang atlet senam artistik Indonesia yang dikenal atas prestasinya di kancah nasional dan internasional. Lahir pada 16 Oktober 1999 di Jakarta, Rifda mulai menunjukkan bakatnya dalam senam sejak usia muda.

Rifda meraih sejumlah medali dalam berbagai kompetisi, termasuk SEA Games dan Kejuaraan Asia. Pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Rifda meraih medali perak di nomor senam lantai dan medali perunggu di nomor balok keseimbangan. Selain itu, pada Kejuaraan Asia 2019 di Ulaanbaatar, Mongolia, Rifda berhasil meraih medali perak di nomor senam lantai.

Selain kejuaraan internasional, Rifda juga menunjukkan dominasinya di tingkat nasional dengan banyak kali menjadi juara pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

Ketekunan dan dedikasinya dalam latihan menjadikan Rifda sebagai salah satu atlet senam terkemuka di Indonesia. Dia juga aktif membagikan pengalamannya dan menginspirasi generasi muda untuk menggeluti olahraga senam.

Melalui akun Instagram @kemenpora - Salah satu pengalamannya yang menginspirasi adalah saat Olimpiade Paris 2024, Rifda mencetak sejarah sebagai pesenam pertama yang akan tampil di Olimpiade. Dan dalam waktu yang bersamaan, Rifda menghadapi tantangan besar dengan mengalami cedera yang belum sepenuhnya sembuh.

Meski hanya bisa tampil pada satu dari empat alat yang diperlombakan akibat cedera, Rifda Irfanaluthfi berhasil mencatatkan 9,166 poin dengan penuh perjuangan. Sebelumnya, Rifda telah melakukan operasi cedera meniskus, sementara untuk operasi ACL, ia memiliih menundanya agar bisa tampil di Olimpiade dan membanggakan semua pihak yang telah mendukungnya.

Meskipun cedera ini membuat Rifda belum bisa memutuskan langkah selanjutnya, termasuk kemungkinan pensiun dari dunia senam, ia merasa bangga karena telah membuktikan kemampuannya di pentas Olimpiade.

"Olimpiade ini adalah cita-cita saya, saya tidak mau mengecewakan. Saya senang bisa menahan rasa sakit sampai kompetisi selesai," kata Rifda.

Terima kasih atas perjuanganmu mengharumkan nama Indonesia.




Ganda Putri Tenis Meja Christine Ferliana & Cindy Marcella Putri: "Mama Cerewet Karena Ingin Kami Memberikan Penampilan Terbaik di PON XXI"

Sebelumnya

Makin Produktif di Usia 78 Tahun, Legenda Musik Country Ini Jadi Pengusaha Taman Hiburan Hingga Beauty Brand

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women