Salak (snake fruit) yang punya banyak manfaat. (Atlas Obscura)
Salak (snake fruit) yang punya banyak manfaat. (Atlas Obscura)
KOMENTAR

BUAH salak juga biasa dikenal dengan nama salak di Indonesia atau Salacca zalacca merupakan buah asli Jawa Indonesia. Buah ini merupakan salah satu spesies pohon palem.  Pohonnya akan tumbuh setinggi 6 meter namun buahnya akan tertinggal di bawah pohon antara palem dan getahnya.

Buah ini dianggap sebagai salah satu buah yang dapat dimakan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Salak mengandung banyak nutrisi mulai dari vitamin B2, vitamin C, cilium, kalsium, fosfor, folat, dan zat besi. Beberapa serat, beta karoten, flavonoid dan beberapa nutrisi lainnya juga dapat ditemukan dalam buah eksotik ini.

Lantas, apa saja manfaat konsumsi buah salak bagi tubuh kita?

1. Membantu menurunkan berat badan

Buah salak juga bisa ditambahkan ke menu diet untuk membantu program penurunan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah jelek luar biasa ini membantu kita merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Banyaknya vitamin C, antioksidan seperti karotenoid dan likopen pada buah salak menjadikan buah eksotik ini sebagai penambah kekebalan tubuh yang baik. Antioksidan juga berperan penting dalam melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang berpotensi merusak beberapa sel baik dalam tubuh kita.

3. Mempertahankan penglihatan

Beta karoten yang terkandung dalam buah salak memberikan manfaat yang baik untuk mata. Meskipun jumlah enzim ini tidak sebanyak pada wortel, namun enzim ini membantu mencegah terjadinya degenerasi sel pada mata dan mencegah beberapa masalah pada penglihatan seperti miopia atau katarak.

4. Membantu pergerakan usus

Kandungan serat yang baik pada buah salak akan membantu gerakan perut bekerja lebih efektif. Ini juga akan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam perut yang akan membuat kotoran melunak dan lebih mudah dikeluarkan.

5. Mencerahkan kulit

Banyaknya vitamin C dan flavonoid pada buah salak disebut-sebut merupakan zat yang baik untuk membantu mencerahkan kulit. Tak heran jika beberapa produk kecantikan pencerah kulit menambahkan zat tersebut ke dalam produknya.

Selain 5 hal di atas, mengonsumsi buah salak dikatakan dapat membantu mencegah penyebaran sel kanker, meningkatkan daya ingat, menjaga fungsi jantung, serta mengontrol kadar gula dan asam urat dalam tubuh.

Namun semua kemungkinan tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Untuk kasus ini, ahli kesehatan menyarankan kita mengonsumsi 2-3 porsi buah salak untuk asupan harian.




Pengaruh Pola Makan Seimbang terhadap Kesehatan Tulang Remaja

Sebelumnya

Pengendalian Rokok untuk Melindungi Kesehatan Paru-Paru

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health