Kemeriahan JCC Karawang. (Dok. JCC)
Kemeriahan JCC Karawang. (Dok. JCC)
KOMENTAR

SETELAH sukses terselenggara serentak di 32 titik pada Desember 2022 lalu, Jelajah Cita-Cita (JCC) hadir kembali sebagai agenda dwitahunan dari Ibu Profesional. Acara yang menarget peserta anak-anak usia 4-15 tahun ini, diselenggarakan secara Online dan Offline oleh 36 regional Ibu Profesional.

Pada tahun ini, JCC hadir untuk menyemarakkan Hari Anak Nasional. Di samping mengajak anak menjelajah berbagai profesi untuk mengenali minat dan bakat, terdapat nilai baru yang diusung. Anak juga dilatih menguatkan sikap toleransi dan empati, mengasah berpikir kritis, serta diajak mengenal ragam profesi secara inklusif. Untuk mencapai tujuan tersebut, JCC 2024 menggaungkan tagline: Wujudkan Cita untuk Semua.

Septi Peni Wulandani, selaku founder Komunitas Ibu Profesional, saat membuka acara ini menekankan pentingnya inklusivitas dalam merangkul hak anak.

"Setiap anak, tanpa memandang latar belakang, difabel, atau kondisi lainnya, memiliki hak dan potensi untuk bermimpi dan mencapai cita-citanya," ujarnya.

JCC Online dibuka lebih dulu, dengan rangkaian acara mulai 6 Juli-9 Agustus 2024. Adanya kegiatan online bermaksud memfasilitasi tantangan jarak dan kebutuhan lain yang belum terakomodasi secara offline. Sebagai contoh di wilayah NTT, NTB, dan Papua. Hal ini juga merupakan wujud aplikasi dari nilai inklusivitas.

Kakak Pandu (Panitia) JCC Padang.

JCC Offline dilaksanakan serentak pada 28 Juli 2024. Lokasi penyelenggaraannya antara lain: Sumatera (Palembang, Pekanbaru, Medan, Padang, Payakumbuh, Bandarlampung), DKI dan Banten (Jakarta, Serang, Bintaro, Kota Tangerang), Jawa Barat (Bekasi, Cianjur, Tasikmalaya, Bandung, Bogor, Cirebon, Karawang), Jawa Tengah dan DIY (Jepara, Salatiga, Semarang, Cilacap, Bantul), Jawa Timur (Jombang, Kediri, Surabaya, Pacitan, Malang), Sulawesi (Kota Baubau, Palu), dan Kalimantan (Kab. Kubu Raya, Samarinda).

Peta Penjelajahan sudah terisi sticker dari Kakak Bintang di Pekanbaru.

Kegiatan JCC 2024 terbagi menjadi dua jenis, berupa kunjungan ke lokasi profesi untuk pelaksanaan skala kecil, atau menghadirkan talents dalam satu forum untuk skala besar. Dalam rangkaian acaranya, JCC merangkul peserta dan talents berkebutuhan khusus, juga adik-adik panti asuhan/yatim. Seluruh peserta diberi kesempatan hands-on dan bertanya.

Beberapa solusi inklusif yang dihadirkan oleh JCC 2024 antara lain:

1. Akses Informasi yang Luas tentang Berbagai Profesi

JCC memberikan akses kepada anak-anak untuk mengeksplorasi dan memahami berbagai profesi, baik secara langsung maupun melalui media digital, mengatasi minimnya informasi yang tersedia di masyarakat.

Penjelajah cilik Cianjur berkenalan dengan dunia robotik.

2. Pengalaman Praktis dalam Eksplorasi Profesi

Anak-anak mendapatkan kesempatan hands-on untuk merasakan dan mencoba langsung profesi yang mereka minati, memberikan pengalaman berharga yang tidak dapat mereka dapatkan di ruang kelas.

3. Pengenalan Nilai Inklusivitas

JCC mempromosikan nilai inklusivitas dengan mengajak anak-anak dari berbagai latar belakang untuk berpartisipasi dan berinteraksi dengan beragam profesi, mengajarkan mereka untuk menghargai perbedaan dan keragaman.

Penampilan Teman Inklusif, menyanyi dan membaca puisi.

4. Dukungan untuk Pengembangan Bakat dan Minat

Dengan dukungan dinas pemerintahan, BUMN, korporasi, media, beragam komunitas, dan UMKM daerah, JCC memberikan sumber daya dan jaringan yang diperlukan untuk mendukung pengembangan bakat anak-anak.

5. Peningkatan Keterlibatan Anak dalam Menentukan Masa Depan

Praktik desain grafis penjelajah cilik di Bintaro.

JCC memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berpartisipasi aktif dalam eksplorasi profesi, membantu mereka memahami bahwa mereka memiliki peran penting dalam membangun masa depan bangsa.

6. Penyediaan Kegiatan Edukasi yang Interaktif dan Menarik




Hempas Rasa Minder dengan 5 Bentuk Apresiasi Diri, Coba Yuk!

Sebelumnya

AlloFresh Hadirkan "Dinding Belanja" di MRT: Belanja Saat Bepergian, Barang Tiba di Rumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family