Ilustrasi orang tidur. (Freepik)
Ilustrasi orang tidur. (Freepik)
KOMENTAR

BERBICARA tentang posisi tidur, tidur menyamping disebut ahli kesehatan sebagai posisi yang paling minim risiko. Pertanyaannya kemudian, lebih baik mana antara tidur menghadap kanan atau menghadap kiri?

Berikut rangkuman yang dihimpun Farah.id dari berbagai sumber.

Tidur Miring ke Kanan vs. Tidur Miring ke Kiri

Orang yang tidur miring ke kanan dan ke kiri memiliki beberapa manfaat yang sama, seperti berkurangnya dengkuran dan berkurangnya nyeri punggung dan leher. Namun, ada juga keuntungan utama memilih satu sisi daripada sisi lainnya . Jadi, mana yang lebih baik? Pandangan yang diterima secara umum adalah bahwa tidur miring ke kiri lebih baik daripada semua posisi tidur lainnya, terutama bagi wanita hamil.

Kelebihan Tidur Miring ke Kiri

Berikut ini beberapa argumen terkuat untuk tidur miring ke kiri dibandingkan posisi lainnya.

• Detoksifikasi Otak – Saat berbaring miring ke kiri, otak mampu membersihkan sel-sel mati dan zat kimia dengan lebih efisien. Ini berarti Anda akan bangun dengan perasaan lebih segar.

• Jantung Sehat – Sedikit atau tidak ada tekanan pada pembuluh darah yang membawa darah kembali ke jantung. Ini membantu tekanan darah dan pengiriman oksigen ke organ vital.

• Penurunan Refluks Asam – Orang yang tidur miring ke kanan lebih rentan terhadap nyeri ulu hati, sedangkan orang yang tidur miring ke kiri mengalami pengurangan refluks asam kronis.

• Membantu Pencernaan – Berbaring miring ke kiri membantu limbah lebih mudah melewati usus besar.

• Manfaat bagi Kehamilan – Saat tidur miring ke kiri, terutama setelah usia kehamilan 28 minggu, pasokan oksigen akan lebih efisien disalurkan ke janin yang sedang berkembang. Hal ini juga membantu ibu untuk menjaga tekanan darah tetap sehat.

Kekurangan Tidur Miring ke Kiri

Orang dengan penyakit jantung kronis atau yang pernah mengalami serangan jantung mungkin disarankan oleh dokter mereka untuk menghindari tidur miring ke kiri. Tidur miring ke kiri dapat memengaruhi sistem saraf simpatik secara negatif, yang meliputi tekanan darah dan detak jantung.

Kelebihan Tidur di Sisi Kanan

Saat berbaring miring ke kanan, posisi jantung sedikit lebih tinggi di dalam tubuh. Hal ini membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Kekurangan Tidur di Sisi Kanan

Bila tidur miring ke kanan, kita mungkin memiliki risiko lebih tinggi mengalami nyeri ulu hati di malam hari. Namun, kerugian terbesar tidur miring ke kanan bukanlah membahayakan. Kita hanya kehilangan banyak manfaat (yang tercantum di atas) dari tidur miring ke kiri. 




Memahami Pengertian Overnutrisi dan Undernutrisi untuk Cegah Malnutrisi Sejak Dini

Sebelumnya

Bahaya Pola Makan Cepat Saji bagi Remaja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health