Fashion show AMANAH (10/8) dalam event MUFFEST+ 2024. (FARAH/Bunga)
Fashion show AMANAH (10/8) dalam event MUFFEST+ 2024. (FARAH/Bunga)
KOMENTAR

KEMENTERIAN Perdagangan Republik Indonesia menegaskan komitmennya untuk memperluas jangkauan fashion muslim Indonesia ke pasar global. Salah satu strategi utama yang diterapkan adalah melalui penyelenggaraan Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2024. Acara ini diharapkan menjadi platform utama untuk memperkenalkan produk fesyen muslim Indonesia ke kancah internasional.

Salah satu jenama fesyen lokal yang tampil di fashion parade MUFFEST+ 2024 adalah Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH). Sejatinya, AMANAH merupakan pusat kreativitas anak muda Aceh, yang salah satunya bergerak di industri fesyen.

Pujian untuk AMANAH datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang berkesempatan mengunjungi booth AMANAH di MUFFEST+ 2024 di Istora Senayan, Jakarta pada Sabtu (10/8). Menparekraf bahkan membeli sejumlah hasil karya anak aceh binaan AMANAH.

Menparekraf juga mengaku kagum dengan hasil karya desainer AMANAH yang memperkenalkan budaya asli Aceh kepada masyarakat luas. Sandiaga memuji karya desainer AMANAH yang memadukan warna-warna yang menjadi kegemaran anak muda saat ini.

“Saya kagum peningkatan kualitas produknya. Saya juga rutin melihat ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di Aceh. Program AMANAH ini bisa mengangkat spek dan kualitas dari produknya yang sangat mengikuti standar dan tren fesyen terkini,” kata Sandiaga Uno.

Dia pun berharap ke depan AMANAH bisa menjadi brand collective yang akan mengangkat anak-anak muda Aceh khususnya yang menggeluti ekonomi kreatif dan memulai usaha.

“Sehingga bisa terfasilitasi untuk menembus pasar nasional. Tentunya ini harus diexplore dan kami di Kemenparekraf melihat peluang kolaborasi,” ungkap Sandiaga Uno.

Terlebih, ke depannya akan ada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh. Sandiaga berharap AMANAH bisa jadi yang terdepan dalam menyiapkan suvenir khas Aceh.

“Jangan sampai terjadi, begitu datang para atlet, official, fans, kehabisan suvenir untuk dibawa pulang. Nah, AMANAH yang akan jadi lokomotif untuk menggerakan ekonomi kreatif,” kata Menteri Sandiaga.

Pada gelaran Muffest 2024, karya-karya busana “The Reign of Sultan: The Great Story of Aceh” mengikutsertakan empat model pilihan yang telah mengikuti ajang pemilihan model “Amanah Youth Top Models” yaitu Ibnu Nusyi, Syafira Mustaqilla, Deo Saad, dan Syarifah Raihan.

Seluruh pihak yang terlibat dalam karya-karya tersebut merupakan hasil binaan AMANAH. Program unggulan yang dicetuskan Presiden Joko Widodo itu diisi dengan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka, termasuk di bidang fashion.




Benang Jarum Tampilkan Koleksi “Forest Toile” di Dubai Fashion Week Spring/Summer 2025

Sebelumnya

Buttonscarves Debut di Dubai Fashion Week Spring/Summer 2025

Berikutnya

KOMENTAR ANDA