Nurul Akmal saat berlaga di Olimpiade Paris 2024. (Instagram/@sport.kompascom)
Nurul Akmal saat berlaga di Olimpiade Paris 2024. (Instagram/@sport.kompascom)
KOMENTAR

NURUL Akmal adalah seorang atlet angkat besi asal Indonesia yang terkenal karena prestasinya di tingkat internasional. Ia lahir pada tanggal 12 Februari 1993 (31 tahun), di Pidie, Aceh.

Nurul mulai menunjukkan minat dan bakat dalam olahraga angkat besi sejak usia muda. Dia merupakan salah satu lifter terbaik yang dimiliki Indonesia, khususnya di kategori +87 kg putri.

Salah satu prestasi terbesar Nurul Akmal adalah saat ia mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Meskipun tidak meraih medali, Nurul berhasil finis di posisi kelima, sebuah pencapaian yang sangat membanggakan bagi Indonesia. Selain itu, ia juga telah memenangkan berbagai medali di kejuaraan nasional dan regional, termasuk SEA Games dan Asian Games.

Perempuan yang akrab disapa Amel ini juga menjadi perwakilan Indonesia pada Olimpiade Paris 2024. Amel tampil sebagai salah satu harapan terakhir Indonesia di cabang angkat besi, khususnya pada kelas +81 kg. Ini adalah penampilan Nurul kedua kalinya di Olimpiade, meneruskan tradisi atlet angkat besi putri yang tampil di Olimpiade sejak 2000.

Meskipun sudah mempersiapkan diri dengan sangat baik dan memiliki pengalaman dari Olimpiade Tokyo 2020, Nurul Akmal belum berhasil meraih medali. Ia mencatatkan total angkatan 245 kg dengan rincian 105 kg pada snatch dan 140 kg pada clean and jerk.

Dikutip dari sejumlah sumber, kegagalan angkatan itu terjadi karena kemungkinan bagian siku akan dapat menyentuh bagian tubuh mana pun kapan saja, yang menempatkannya di posisi yang cukup kompetitif namun di luar zona medali.

Meski tak meraih medali, Nurul membuktikan bahwa Indonesia mampu bersaing di level tertinggi.

"Atmosfer di Paris sangat berbeda dengan Tokyo. Di sini banyak penonton, dan semuanya mendukung siapa pun yang bertanding. Hari ini Amel sudah berusaha semaksimal mungkin dan bermain dengan penuh semangat. Terima kasih kepada semua yang sudah mendukung Amel.  Banyak pelajaran yang dapat Amel ambil dari pertandingan ini, terutama karena Amel bertemu dengan lawan-lawan kelas dunia. Ke depan Amel harus lebih semangat dan tampil lebih baik lagi," ujar Nurul Akmal pada siaran resmi NOC Indonesia.

Nurul dikenal karena dedikasi dan kerja kerasnya dalam dunia olahraga serta semangat juangnya yang tinggi meskipun harus menghadapi berbagai tantangan dalam perjalanan kariernya.

Hebatnya lagi, selain berprestasi di dunia angkat besi, Nurul juga aktif dalam kegiatan sosial, terutama yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan dan olahraga.




Ganda Putri Tenis Meja Christine Ferliana & Cindy Marcella Putri: "Mama Cerewet Karena Ingin Kami Memberikan Penampilan Terbaik di PON XXI"

Sebelumnya

Makin Produktif di Usia 78 Tahun, Legenda Musik Country Ini Jadi Pengusaha Taman Hiburan Hingga Beauty Brand

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women