Ikan, si sumber protein. (Pinterest)
Ikan, si sumber protein. (Pinterest)
KOMENTAR

IKAN adalah hewan vertebrata akuatik , anamniotik , berinsang dengan sirip renang dan tengkorak keras , tetapi tidak memiliki anggota badan dengan jari . Ikan dapat dikelompokkan menjadi ikan tanpa rahang yang lebih basal dan ikan berahang yang lebih umum , yang terakhir termasuk semua ikan bertulang rawan dan bertulang yang masih hidup, serta placoderms dan acanthodian yang telah punah.

Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik serta mengandung asam lemak asensial tak jenuh, zat besi, seng, mineral, kalsium, selenium, asam animo, dan berbagai vitamin lain.

Sebagai sumber protein, berikut ini 5 jenis ikan yang sangat besar manfaatnya untuk dikonsumsi.

1. Ikan Nila

Ikan nila mengandung protein dan asam lemak omega yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko kanker. Ikan nila  juga mengandung vitamin dan mineral seperti kolin, niasin, vitamin B12, vitamin D , selenium, dan fosfor. Ikan nila juga merupakan sumber lemak sehat yang baik.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon mampu meningkatkan kesehatan otak, jantung, serta kesehatan tulang.  Sumber asam lemak omega-3, mendukung integritas kulit, dan dapat mendukung penuaan yang sehat.

3. Ikan Sarden

Ikan sarden merupakan ikan yang aman dikonsumsi karena tidak mengandung merkuri. Manfaat sarden yaitu mengurangi peradangan dan stres oksidatif, membantu pertumbuhan dan perbaikan otot, meningkatkan fungsi saraf, meningkatkan kesehatan mata, melindungi kesehatan jantung, dan ikan sarden kaya akan nutrisi penting, rendah kalori, dan direkomendasikan sebagai bagian dari diet sehat . 

4. Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan ikan yang paling tinggi protein, omega-3, omega-6, folat, zat besi, dan vitamin B12. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak asam lemak omega-3 akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tuna merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Asam lemak ini membantu mengurangi asam lemak omega-6 dan kolesterol jahat yang dapat menumpuk di arteri dan pembuluh darah.

5. Ikan Makarel

Ikan Makarel mengandung vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin E dan D.

Ada banyak manfaat kesehatan yang diketahui dari ikan makarel seperti dapat membantu menurunkan berat badan, dapat memperkuat tulang, mencegah gangguan otak, dan dapat meningkatkan kesehatan jantung.




Pengaruh Pola Makan Seimbang terhadap Kesehatan Tulang Remaja

Sebelumnya

Pengendalian Rokok untuk Melindungi Kesehatan Paru-Paru

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health