Si lezat batagor. (Net)
Si lezat batagor. (Net)
KOMENTAR

BATAGOR adalah Jajanan bakso tahu goreng yang disajikan dengan siraman bumbu kacang, saus sambal dan kecap manis.

Batagor, yang merupakan singkatan dari “Baso Tahu Goreng” (bakso dan tahu goreng), adalah hidangan khas Sunda asal Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Situs panduan wisata kuliner Taste Atlas bahkan pernah menobatkan batagor sebagai jajanan paling lezat se-Asia tahun 2021.

Dari sejumlah sumber, disebutkan bahwa sejarah batagor bermula pada tahun 1972, ketika H. Ismail, seorang pedagang makanan keliling di Bandung, menciptakan hidangan baru yang menggabungkan bakso dan tahu goreng.

Batagor umumnya terbuat dari tahu putih, ikan tenggiri dan udang yang digoreng bersamaan dengan baluran tepung tapioka. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus kacang yang kaya rasa, tetapi ada juga varian batagor yang disajikan dengan kuah seperti bakso, yang dikenal dengan nama batagor kuah. Beberapa pedagang juga menyajikan batagor dengan tambahan irisan timun.

Ada pula yang mengatakan bahwa pembuatan batagor terpengaruh budaya Tionghoa. Ada sebuah resep bernama Yong Tau Fu yang menggunakan bakso dan tahu yang digoreng lalu disajikan dengan saus kacang.

Sementara itu, sumber lain menyebutkan bahwa batagor berasal dari tahun 1970-an. Dikutip dari buku karya Agus Nurcahyo berjudul Laris Manis Bisnis Gerobak, disebutkan batagor pertama kali dicetuskan oleh penjual bakso atau siomay keliling yang merantau dari Jawa Tengah ke Bandung.

Pedagang bakso yang menurut Food Traveller Bandung bernama Isan itu mengadu nasib dengan berjualan bakso tahu kukus keliling di Bandung. Namun ternyata dagangannya sering tidak laku dan selalu tersisa banyak.

Supaya sisa dagangan tidak basi dan rugi besar, Ia mencari cara untuk mengolah bakso tahu tersebut dengan cara digoreng dan meracik bumbu kacang untuk sajian tersebut. Kemudian ia membagikan ke tetangga-tetangga. Tidak disangka, olahan bakso tahu goreng buatannya digemari.

Akhirnya, pedagang tersebut menjual bakso tahu goreng atau batagor penemuannya. Usaha batagor miliknya pun banyak diminati pelanggan dan menjadi pedagang batagor sukses di Bandung.

Tahun 1980-an, batagor pun mulai tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Eksistensi batagor tetap bertahan hingga saat ini dan menjadi jajan sederhana yang diminati oleh orang banyak.

Biasanya batagor sering dijumpai di pinggir jalan yang dijual oleh pedagang keliling dengan menggunakan gerobak kecil. Namun seiring berjalannya waktu, batagor mulai bermunculan di restoran pada menu khusus yang menjual jajanan Indonesia.




Menengok Keindahan Pulau Anambas yang Masih Asri

Sebelumnya

6 Fakta Unik tentang Gunung Rinjani, Kamu Ingin Tahu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon