Ilustrasi ayah dan anak laki-lakinya. (Freepik)
Ilustrasi ayah dan anak laki-lakinya. (Freepik)
KOMENTAR

TAK ada yang mengatakan mudah menjadi orang tua. Terlebih lagi dalam pengasuhan anak di zaman sekarang, banyak kebiasaan maupun nilai yang diyakini benar pada masa lalu, ternyata kini sangat sulit untuk dijalankan.

Karena itulah tantangan menjadi orang tua sangat besar. Dan orang tua memang dituntut untuk menjadi sosok idaman yang mampu membuat hati anak merasa dekat dengan orang tuanya.

Pegiat parenting Ustaz Bendri Jaisyurrahman mengungkapkan 4 (empat) karakter orang tua yang akan menjadikan mereka sebagai orang tua yang diidolakan anak.

Empat karakter tersebut adalah BABE.

Karakter pertama adalah Baik. Sudah pasti, orang tua yang memiliki hati yang baik akan memancarkan kasih sayang yang tulus kepada anaknya. Orang tua berhati baik akan menjadi tempat berlindung anak dari segala ‘hiruk pikuk’ kehidupan sosialnya.

Karakter kedua adalah Asyik. Orang tua yang memiliki sikap tidak terlalu kaku dapat menjadi sahabat terbaik anak. Anak akan mudah mendekat pada orang tua yang asyik. Tentu inilah yang diinginkan orang tua, anak dapat bercerita tentang segala hal dalam kesehariannya.

Karakter ketiga adalah Bernilai. Jika hanya asyik tapi tidak memiliki nilai, maka orang tua layaknya makanan ringan—enak dimakan tapi tidak bergizi. Orang tua yang bernilai memiliki pesan khusus untuk anak-anaknya, mengajarkan hikmah tentang kehidupan, dan mampu mendidik anak untuk memiliki karakter unggul.

Karakter keempat adalah Empatik. Orang tua empatik mampu berkomunikasi secara sehat dengan anak. Orang tua dapat menjelaskan maksudnya tanpa memaksakan. Orang tua empatik juga dapat menyelami perasaan anak tanpa mudah menghakimi dan tanpa mudah tersulut amarah.

Empat karakter BABE memang tidak mudah kita hadirkan, tapi bukan berarti mustahil diwujudkan. Tantangan dan masalah bisa hadir kapan saja, tapi teruslah berusaha untuk menghadirkan BABE dalam diri kita.

Ketika kita mampu menjadi sosok BABE, maka anak akan menuruti apa-apa yang kita sampaikan padanya. Anak merasa orang tua sebagai sosok yang hebat dan ideal, sehingga akan sangat menyayangi sekaligus menghormati orang tuanya.

Nah, sudahkah ayah bunda menjadi BABE?




Mengatasi Obesitas Anak: Apakah Stevia Pemanis yang Aman dan Efektif?

Sebelumnya

Benarkah Gen Z Kurang Siap Menghadapi Tantangan Masa Depan? Ini Kata Erick Thohir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting