Representative TETO John Chen (tengah), Deputy Representative TETO Chen Sheng Peng (kiri kedua), dan rekan TETO berfoto bersama dengan penerima beasiswa ICDF. (Ist)
Representative TETO John Chen (tengah), Deputy Representative TETO Chen Sheng Peng (kiri kedua), dan rekan TETO berfoto bersama dengan penerima beasiswa ICDF. (Ist)
KOMENTAR

TAIPEI Economic and Trade Office mengadakan acara pengarahan bagi mahasiswa penerima beasiswa Taiwan ICDF (International Cooperation and Development Fund) pada Selasa (20/8) di Jakarta.

Acara dibuka dengan pidato oleh Duta Besar John Chen. Beliau mewakili Kementerian Luar Negeri Taiwan menyerahkan beasiswa “Taiwan ICDF International Higher Education Scholarship Progam” kepada sembilan mahasiswa Indonesia yang berhasil meraih beasiswa tersebut pada tahun ini.

Duta Besar John Chen menyampaikan pidato ucapan selamat kepada para mahasiswa yang berhasil meraih beasiswa penuh dari Taiwan ICDF dan mendorong mereka untuk memanfaatkan kesempatan belajar di Taiwan dengan baik, melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Taiwan untuk merasakan adat istiadat dan kebudayaan Taiwan, serta bergabung dengan organisasi kemahasiswaan di universitas dan asosiasi alumni Taiwan di berbagai platform media sosial.

Duta Besar John Chen berharap setelah para mahasiswa tersebut lulus kuliah, baik mereka tetap tinggal di Taiwan maupun kembali ke Indonesia, dapat tetap saling berhubungan dan menjadi jembatan penting dalam mempromosikan pertukaran bilateral antara Taiwan dan Indonesia.

Pada tahun ini terdapat sembilan mahasiswa penerima beasiswa yang akan masuk ke National Taipei University, National Chung Cheng University, National Central University, National Sun Yat-sen University, National Cheng Kung University, dan National Pingtung University.

Para mahasiswa tersebut menempuh pendidikan Magister (S2) dan Doktoral (S3) di berbagai bidang profesional seperti pertanian, teknik mesin, manajemen penanggulangan bencana, perencanaan wilayah dan tata kota, serta bidang pendidikan dengan keseluruhan pembelajaran dibawakan dalam Bahasa Inggris.

Pengarahan kali ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa penerima beasiswa dari Indonesia untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat ke Taiwan, serta menjelaskan semua peraturan terkait beasiswa, kehidupan belajar di Taiwan dan pedoman keselamatan selama di Taiwan.

Saat ini terdapat lebih dari 16.000 mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Taiwan, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah mahasiswa terbanyak kedua di Taiwan. Banyak mahasiswa penerima beasiswa yang setelah lulus dan kembali ke Indonesia menjadi semakin berprestasi dan menjadi sahabat yang mendukung Taiwan di kancah internasional.

Taipei Economic and Trade Office in Indonesia akan terus mendorong pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan di Taiwan, mempromosikan pendidikan Bahasa Mandarin oleh pemerintah Taiwan ke seluruh dunia, dan menyediakan beasiswa untuk menempuh pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2) maupun Doktoral (S3) di Taiwan.

Taiwan menyambut baik mahasiswa Indonesia berprestasi untuk mendaftarkan diri agar mendapat kesempatan belajar di Taiwan, untuk meningkatkan pemahaman dan dukungan para mahasiswa muda Indonesia mengenai Taiwan, dan meningkatkan pertukaran bilateral antara mahasiswa berbakat Taiwan dan Indonesia.




Cak Lontong Jadi Ketua Timses Pasangan Pramono Anung-Rano Karno: Menang untuk Membuat Warga Jakarta Bahagia

Sebelumnya

Ada Food Security yang Diterjunkan Panitia PON Sumatra Utara, Apa Tugasnya?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News