Ilustrasi fillet dada ayam. (Pinterest)
Ilustrasi fillet dada ayam. (Pinterest)
KOMENTAR

DADA ayam merupakan sumber protein rendah lemak (protein tanpa banyak lemak). Itu berarti sebagian besar kalori dan zat gizi makro (makro) pada dada ayam berasal dari protein. Orang yang  mengonsumsi cukup protein dapat mempertahankan massa otot dan menjaga metabolisme tubuh agar selalul sehat.

Dada ayam juga relatif murah, serbaguna dalam resep, dan dapat disiapkan dengan berbagai cara. Misalnya, dada ayam panggang dan dada ayam yang dimasak dengan air fryer cenderung menjadi metode memasak yang praktis dan sehat. Kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang manfaat kesehatan dada ayam, keamanan pangan, dan cara menyiapkannya sebagai bagian dari rencana makan seimbang.

Fakta Nutrisi Dada Ayam

Makronutrien dada ayam untuk satu potong daging panggang tanpa tulang dan kulit seberat 3 ons (85g) adalah 26 gram protein dan 2,7 gram lemak dengan nol gram karbohidrat. Satu ukuran sajian ini juga mengandung 128 kalori.

Perlu dicatat bahwa banyak dada ayam kemasan komersial berukuran lebih besar dari 3 ons. Jadi, jika kamu makan satu dada, kamu mungkin makan lebih dari satu porsi.

• Kalori:  128

• Protein:  26 gram

• Lemak:  2,7g

• Karbohidrat:  0g

• Natrium:  44mg

• Serat:  0g

Kalori

Sebanyak 80% kalori dalam dada ayam berasal dari protein. Sisanya berasal dari lemak, karena dada ayam tidak mengandung karbohidrat. Ada 128 kalori dalam satu porsi dada ayam tanpa kulit seberat 3 ons.

Protein

Dada ayam merupakan sumber protein rendah lemak yang baik dan sebagian besar makronutrien dada ayam adalah protein. Bagi orang yang mengonsumsi daging, mengonsumsi ayam merupakan cara mudah untuk memenuhi sebagian kebutuhan protein tubuh tanpa mengonsumsi banyak lemak. Bergantung pada metode memasak yang kamu pilih, dada ayam juga secara alami rendah sodium.

Lemak

Dada ayam tanpa kulit mengandung sedikit lemak, kurang dari 3 gram. Sebagian besar lemaknya adalah lemak tak jenuh (ada kurang dari 1 gram lemak jenuh dalam porsi 3 ons dada ayam tanpa kulit).

Jika kamu tidak mengiris kulit dada ayam, jumlah lemak, kalori, dan proteinnya akan lebih tinggi. Satu porsi dada ayam panggang, bakar, atau panggang seberat 3 ons (85g) dengan kulitnya mengandung 166 kalori, 6,6 gram lemak, dan 25 gram protein .

Mempersiapkan dada ayam juga sering kali menambah lemak. Misalnya saat kamu menggunakan minyak zaitun, minyak itu akan menambah jumlah lemak dalam hidangan akhir yang kamu siapkan. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang keduanya memberikan manfaat kesehatan.

Karbohidrat

Dada ayam tidak mengandung gula atau pati (kecuali jika diolah dengan tepung roti atau bumbu), jadi tidak mengandung karbohidrat. Perkiraan beban glikemik dada ayam adalah nol.

Vitamin dan Mineral

Dada ayam merupakan sumber selenium , fosfor, vitamin B6, dan niasin yang sangat baik. Selenium penting untuk fungsi tiroid dan pembentukan DNA. 3 Niasin dan B6 keduanya termasuk dalam kelompok vitamin B yang larut dalam air yang berperan penting dalam fungsi sel.

Protein rendah lemak dalam dada ayam dapat menawarkan banyak manfaat signifikan, menjadikan makanan ini tambahan yang bermanfaat untuk banyak rencana makan. Secara khusus, nutrisi dalam dada ayam dapat membantu pembentukan massa otot, kesehatan tulang, pengendalian nafsu makan, dan bahkan suasana hati dan tidur.




Pengaruh Pola Makan Seimbang terhadap Kesehatan Tulang Remaja

Sebelumnya

Pengendalian Rokok untuk Melindungi Kesehatan Paru-Paru

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health