Kacang arab. (Pinterest)
Kacang arab. (Pinterest)
KOMENTAR

KITA biasanya mengonsumsi kacang arab sebagai oleh-oleh dari keluarga, tetangga, atau kerabat yang baru pulang menunaikan ibadah haji atau umrah. Tapi kini, sudah ada banyak toko di Indonesia yang menjualnya.

Mungkin belum banyak dari kita yang mengetahui bahwa kacang arab memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Seperti halnya kacang-kacangan lain, kacang arab baik untuk dikonsumsi.

Berikut ini manfaat kacang arab dihimpun dari berbagai sumber.

•Kacang arab membantu mengendalikan gula darah

Kacang arab kalengan dan kering memiliki indeks glikemik rendah. Ini berarti tubuh kita menyerap dan mencerna kacang arab secara perlahan. Kacang arab juga memiliki jenis pati yang dicerna secara perlahan, yang disebut amilosa. Kedua hal ini membantu menjaga gula darah dan insulin kita agar tidak naik terlalu cepat. Ini baik untuk penderita diabetes .

•Kacang arab membantu stabilnya saluran pencernaan

Kacang arab mengandung banyak serat makanan , terutama serat larut yang disebut rafinosa. Bakteri baik dalam usus memecahnya sehingga usus besar dapat mencernanya secara perlahan. Penelitian telah menemukan bahwa makan lebih banyak kacang arab dapat membantu melancarkan buang air besar dan lebih teratur.

•Kacang arab membantu menurunkan kolesterol

Serat larut baik untuk lebih dari sekadar kesehatan usus. Kacang arab dapat mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL (jahat). Hal ini menurunkan risiko penyakit jantung . Penelitian telah menunjukkan bahwa kita dapat mengurangi kolesterol total jika kita menambahkan kacang arab ke dalam makanan sehari-hari.

Kacang arab dapat menurunkan risiko kanker

Saat kita mengonsumsi kacang arab, tubuh kita memproduksi asam lemak rantai pendek yang disebut butirat. Dalam penelitian, butirat terbukti membantu menyingkirkan sel-sel yang sakit dan mati. Hal ini dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. Kacang arab juga memiliki senyawa lain yang dapat melawan kanker seperti likopen dan saponin.

•Kacang arab membantu jaga tulang lebih kuat

Kacang arab dan kacang-kacangan lainnya mengandung kalsium, magnesium, serat, dan nutrisi lain untuk tulang yang kuat. Namun, pastikan untuk merendamnya terlebih dahulu untuk membuang zat yang disebut fitat, yang dapat menghalangi tubuh kita menyerap kalsium dalam kacang arab.

•Kacang arab dapat meningkatkan kesehatan mental

Kacang arab mengandung kolin, nutrisi yang membantu menghasilkan zat kimia penting untuk memori, suasana hati, kontrol otot, dan aktivitas otak serta sistem saraf lainnya.

Cara Menyiapkan dan Memakan Kacang Arab:

Kita dapat membelinya dalam bentuk kering seperti kacang-kacangan, lalu merendamnya dalam air dan merebusnya. Atau kita dapat membelinya dalam bentuk kalengan. Apa pun pilihannya, kacang-kacangan tetap lezat dan bergizi.

• Hummus. Kacang arab merupakan bahan utama dalam hummus, saus lezat yang juga membutuhkan tahini, air jeruk lemon, dan bawang putih.

• Sup dan salad. Taburkan kacang arab utuh ke dalam salad, sup, atau semur.

• Sebagai camilan. Ratakan selapis kacang arab di atas loyang. Tambahkan bumbu favorit kita dan panggang hingga berwarna keemasan dan renyah.




Pengaruh Pola Makan Seimbang terhadap Kesehatan Tulang Remaja

Sebelumnya

Pengendalian Rokok untuk Melindungi Kesehatan Paru-Paru

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health