Daerah berawalan
Daerah berawalan "Ci" di Jawa Barat, termasuk di Bandung. (Net/Grafis: Rizqia)
KOMENTAR

NAMA kota-kota di Jawa Barat, termasuk di wilayah Bandung, banyak berawalan “ci” karena dahulu pemukiman warga banyak dibangun di sekitar sumber mata air. Dikutip dari sejumlah sumber, kata “ci” dijadikan awalan nama daerah agar orang mudah mengingat sumber air, yang penting bagi kehidupan manusia.

Ternyata hal ini bukan serta-merta kebetulan lho. Jadi, awalan Ci itu diambil dari kependekan air di dalam bahasa Sunda, yakni Cai atau air.

Selain itu, ternyata kata Ci pun erat kaitannya dengan kegiatan atau tradisi di sana. Misalnya, daerah yang berada di sekitaran sungai, tempat produksi barang yang berhubungan dengan air, ataupun mitos-mitos yang berbau air.

Tak heran banyak sekali nama daerah di Kota Bandung yang berawalan Ci seperti, Cikapundung, Cihampelas, Cinambo, Cibiru, Cipaganti dan Cijerah.

Daftar Nama Daerah di Jawa Barat Berawal ‘Ci’ dan Artinya;

1. Cikapundung

Cikapundung adalah nama daerah yang terletak di Kota Bandung. Jadi, sungai ini berasal dai bahasa Sunda yaitu Ci dan Kapundung. Ci di sini yaitu air atau yang sejenisnya yakni sungai. Sedang kapundung itu adalah nama tanaman kepundung.

Tanaman kepundung ini merupakan tanaman yang sangat langka yang pada zaman dahulu kerap dijumpai di sekitaran aliran sungainya.

2. Cihampelas

Saat ini, daerah Cihampelas merupakan perkotaan yang keberadaan sungai atau sumber air sudah tidak ditemui. Namun, zaman dahulu daerah Cihampelas memiliki banyak aliran sungai yang dikelilingi pohon hampelas.

Sehingga, penamaan Cihampelas diambil dari kata ci dan hampelas. Kini, Cihampelas menjadi pusat belanja oleh-oleh pengunjung yang tengah berwisata ke Bandung.

3. Cinambo

Nama Cinambo diambil dari bekas dasar sungai yang menggenang atau dalam bahasa Sunda disebut nambo atau nambeu. Pada awal abad 19, wilayah Cinambo ini berada di pinggir Rawa Gegerhanjuang.

4. Cibiru

Cibiru terinspirasi dari sebuah pohon di zaman dulu yang bisa mengeluarkan cairan berwarna biru. Meskipun kebenarannya belum bisa dibuktikan, tetapi penamaan Cibiru lekat dengan fenomena tersebut.




Menengok Keindahan Pulau Anambas yang Masih Asri

Sebelumnya

6 Fakta Unik tentang Gunung Rinjani, Kamu Ingin Tahu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon