Nasi Kucing. (Net/Grafis: Rizqia)
Nasi Kucing. (Net/Grafis: Rizqia)
KOMENTAR

NASI kucing adalah makanan kecil yang biasanya berisi nasi, sambal, dan gereh pindang yang merupakan salah satu makanan kucing. Nama nasi kucing berasal dari kebiasaan masyarakat Jawa yang memberi makan kucing dengan porsi kecil.

Nasi kucing juga identik dengan porsinya yang kecil, potongan daging dan sambal.

Nasi kucing muncul sekitar tahun 1942 dan menjadi sangat populer karena porsinya yang kecil dan mudah dijumpai di mana-mana. Konon, warga asal Dukuh Sawit, Desa Ngerangan yang merantau ke Solo dan menjadi buruh pedagang teri ikan merupakan warga pertama yang menjual nasi kucing.

Nasi kucing sering ada di angkringan dan biasanya disajikan dengan berbagai macam sate-satean dan bermacam-macam gorengan. Saat ini, nasi kucing hadir dengan varian jenis lauk seperti gorengan, tahu bacem, sate, bihun goreng, ayam suwir, ayam empal, cakalang, cumi asin, peda, dan lain sebagainya.

Kemunculan nasi kucing tidak lepas dari sejarah hik atau angkringan yang berkembang di wilayah Solo dan Yogyakarta. Mulainya hik atau angkringan menu terikan, makanan khas Jawa Tengah dengan kuah kental dengan lauk tempe atau daging.

Insiator Desa Cikal Bakal Angkringan Ngerangan Klaten, Gunadi S.Pd.I yang biasa disapa Gugun menjelaskan bahwa sebutan nasi kucing merujuk pada lauknya.

Gugun menjelaskan, mulainya nasi kucing hanya berisi sedikit nasi, sambal dan gereh pindang. Gereh pindang ini oleh warga setempat merupakan lauk yang umumnya digunakan sebagai makanan kucing.

“Istilah sego kucing itu karena di situ menu awalnya ada sambal sama gereh, terus nasinya sedikit. Nah gereh itu senengannya kucing, gereh pindang keranjangan itu,” jelas Gugun, seperti diberitakan Kompas.

Karena hal tersebut, masyarakat mulai menamai hidangan ini dengan sebutan nasi kucing atau sego kucing, mengingat dulunya adalah makanan untuk kucing.

Selain namanya yang unik, porsi nasi kucing yang sedikit juga menjadi pertanyaan banyak orang. Hal ini karena nasi kucing memang bukan untuk mengenyangkan perut yang lapar. Tapi jika kamu ingin tambah, pedagang nasi kucing dengan senang hati akan memberikannya.




Makan Enak Beratap Langit di Kafe Langit Seduh

Sebelumnya

Ekstremnya Kanada: 7 Fakta Unik tentang Negara Terbesar Kedua di Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon