Menkes Budi Gunadi Sadikin di acara bakti sosial Devya Aesthetic Dental & Implant Center bekerja sama dengan PDGI Jakarta. (FARAH/Bunga)
Menkes Budi Gunadi Sadikin di acara bakti sosial Devya Aesthetic Dental & Implant Center bekerja sama dengan PDGI Jakarta. (FARAH/Bunga)
KOMENTAR

DEVYA Aesthetic Dental & Implant Center menggelar bakti sosial tahun 2024 sebagai wujud kepedulian dan sumbangsihnya dalam meningkatkan akses terhadap kesehatan gigi masyarakat. Acara bakti sosial ini dihadiri Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan sejumlah artis papan atas Indonesia seperti Melly Goeslaw dan Titi DJ.

Pengetahuan yang rendah tentang pentingnya perawatan gigi dan mulut, anggapan bahwa menjaga gigi tetap sehat memerlukan biaya yang tinggi, serta minimnya akses untuk mendapatkan layanan kesehatan gigi mendasari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang mengatakan bahwa 93% anak Indonesia mengalami prevalensi gigi berlubang dan hanya 7% anak Indonesia yang bebas dari karies gigi.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengibaratkan sakit gigi itu seperti kanker.

“Gigi berlubang itu ibarat kanker stadium I. Perawatan gigi berlubang, kita keluarkan dana sebesar Rp250.000- Rp300.000. Kalau tidak dirawat, bisa kena saaraf (stadium II) dan biaya perawatannya bisa Rp500.000. Tidak dirawat juga, giginya bisa keropos dan harus pasang crown. Biaya yang dikeluarkan bisa jutaan rupiah. Tindakan terakhir, gigi tersebut harus dicabut. Gigi yang dicabut dapat mempengaruhi struktur gigi dan mulut,” papar Menkes pada acara Bakti Sosial “Senyum Sehat Keluarga Indonesia” yang digelar oleh Devya Aesthetic Dental & Implant Center berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Jakarta, di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (24/8).

Menkes juga menekankan kembali pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berawal dari sikat gigi setiap pagi dan malam secara teratur serta berkunjung ke dokter gigi setiap 6 bulan.

Kegiatan bakti sosial yang digagas drg. Devya tersebut meliputi Sikat Gigi Massal, pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis, serta penyuluhan kesehatan gigi.




Peresmian Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024 Sekaligus Pepsodent Sebagai Official Oral Care Partner Timnas Sepak Bola Indonesia

Sebelumnya

Tanya Dokter Gigi by Pepsodent Hadirkan Layanan Berbasis AI, Hamish Daud: Lebih Personal Sekaligus Menghilangkan Stigma Konsultasi ke Dokter Gigi Itu Menakutkan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E