Chloé Zhao (Britannica)
Chloé Zhao (Britannica)
KOMENTAR

NAMA Chloé Zhao adalah seorang sutradara, penulis skenario, dan produser film asal Tiongkok-Amerika yang dikenal karena pendekatan sinematiknya yang intim dan puitis terhadap tema-tema kehidupan di Amerika pedesaan.

Zhao lahir pada 31 Maret 1982 di Beijing, Tiongkok, dan kemudian pindah ke Inggris dan Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikannya. Dia belajar ilmu politik di Mount Holyoke College lalu mendalami film di Tisch School of the Arts, New York University.

Film debutnya, Songs My Brothers Taught Me (2015), adalah sebuah film indie yang mendapat banyak pujian di berbagai festival film. Namun, namanya semakin dikenal lewat film keduanya, The Rider (2017), yang bercerita tentang seorang koboi rodeo dan mengeksplorasi tema identitas dan perjuangan hidup. Film ini mendapat pujian kritis dan dinominasikan di berbagai ajang penghargaan.

Karya Zhao yang paling terkenal adalah Nomadland (2020), yang dibintangi oleh Frances McDormand. Film ini mendapat sambutan hangat dan memenangkan beberapa penghargaan bergengsi, termasuk tiga Oscar pada tahun 2021 untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktris Terbaik. Dengan kemenangan tersebut, Zhao menjadi perempuan kedua dan perempuan Asia pertama yang memenangkan Oscar untuk Sutradara Terbaik.

Chloé Zhao juga memperluas jangkauan karyanya dengan menyutradarai film superhero Marvel berjudul Eternals, yang dirilis pada tahun 2021. Film ini menandai pergeseran genre dalam filmografi Zhao, dari indie ke blockbuster besar.

Gaya sinematik Zhao sering kali melibatkan penggunaan aktor non-profesional, pengambilan gambar di lokasi yang nyata, dan penekanan pada penceritaan yang humanistik dan realistis. Itulah yang menjadi ciri khas yang membedakan karyanya dari produksi-produksi lain industri film Hollywood.




Makin Produktif di Usia 78 Tahun, Legenda Musik Country Ini Jadi Pengusaha Taman Hiburan Hingga Beauty Brand

Sebelumnya

Lisa Lutoff-Perlo, Ikon dan Pelopor di Industri Pelayaran Mewah Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women