Ilustrasi orang memeriksa kadar gula. (Freepik)
Ilustrasi orang memeriksa kadar gula. (Freepik)
KOMENTAR

DIABETES adalah penyakit yang terjadi ketika kadar glukosa darah, yang juga disebut gula darah, terlalu tinggi. Glukosa adalah sumber energi utama tubuh. Sejatinya tubuh dapat memproduksi glukosa, tetapi glukosa juga bisa berasal dari makanan yang kita santap.

Insulin adalah hormon  yang diproduksi oleh pankreas  yang membantu glukosa masuk ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi. Jika kita menderita diabetes, tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup—atau sama sekali tidak memproduksi—insulin, atau tidak menggunakan insulin dengan benar. Glukosa kemudian tetap berada dalam darah dan tidak mencapai sel.

Diabetes meningkatkan risiko kerusakan pada mata, ginjal, saraf, dan jantung. Diabetes juga dikaitkan dengan beberapa jenis kanker. Mengambil langkah-langkah untuk mencegah atau mengelola diabetes dapat menurunkan risiko kita terkena masalah kesehatan lain akibat diabetes.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah gejala diabetes yang muncul saat bangun tidur.  Apa saja?

1. Rasa lapar yang meningkat

Orang dengan diabetes mungkin akan bangun tidur dengan rasa lapar yang sangat tinggi. Terjadi karena sel-sel tubuh tidak mendapatkan cukup glukosa karena resistensi insulin atau kekurangan insulin.

2. Merasa sangat haus

Orang dengan diabetes seringkali bangun dengan perasaan sangat haus karena tubuh mereka mencoba mengelola kadar gula darah yang tinggi.

3. Kelelahan saat bangun tidur

Kadar gula darah yang tinggi dapat mencegah tubuh menggunakan glukosa secara efisien untuk energi.

4. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil atau poliuria merupakan tanda lain dari diabetes, yang sering dialami saat malam atau dini hari. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan ginjal menyaring lebih banyak glukosa, yang menarik air bersamanya, sehingga mengakibatkan peningkatan produksi urine.

5. Sakit kepala

Kondisi seperti ini disebabkan kadar gula darah tinggi (hiperglikemia) atau kadar gula darah rendah (hipoglikemia) yang terjadi pada malam hari.

Jika  menderita diabetes, kita harus segera mengambil langkah-langkah untuk menurunkan risiko terkena masalah kesehatan lain  dengan mempelajari cara mengelola penyakit tersebut .

Diketahui bahwa mengelola kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol dapat membantu mencegah masalah kesehatan di masa mendatang.




Pengaruh Pola Makan Seimbang terhadap Kesehatan Tulang Remaja

Sebelumnya

Pengendalian Rokok untuk Melindungi Kesehatan Paru-Paru

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health