The one and only, Anna Wintour. (Instagram/@wintourworld)
The one and only, Anna Wintour. (Instagram/@wintourworld)
KOMENTAR

THE one and only, Anna Wintour, adalah seorang editor dan jurnalis mode asal Inggris yang dikenal luas sebagai pemimpin redaksi majalah Vogue Amerika Serikat. Lahir pada 3 November 1949 di London, Inggris, Wintour dikenal dengan gaya khasnya, yakni potongan rambut bob dan kacamata hitam yang selalu ia kenakan.

Karier Wintour di dunia jurnalistik dimulai sejak usia muda ketika ia bekerja sebagai asisten editorial di majalah Harper's & Queen di London. Ia kemudian pindah ke New York dan bekerja untuk beberapa majalah termasuk Harper's Bazaar dan New York.

Pada tahun 1983, Wintour bergabung dengan Vogue sebagai direktur kreatif, dan pada tahun 1988, ia diangkat sebagai pemimpin redaksi majalah tersebut.

Di bawah kepemimpinannya, Vogue menjadi salah satu majalah mode paling berpengaruh di dunia. Wintour dikenal karena insting bisnisnya yang tajam, kemampuannya untuk menemukan dan mempromosikan tren mode baru, serta keterampilan dalam membangun hubungan dengan desainer, model, dan selebriti. Ia juga terlibat dalam berbagai acara amal dan kegiatan sosial, termasuk Met Gala yang terkenal di New York.

Wintour sering digambarkan sebagai sosok yang tegas dan sulit, yang digambarkan dalam novel dan film The Devil Wears Prada sebagai karakter Miranda Priestly (dimainkan dengan ikonik oleh Meryl Streep) yang terinspirasi dari sosok Anna Wintour.

Pengaruh Wintour dalam dunia mode dan kontribusinya terhadap industri tersebut tidak dapat disangkal. Pada tahun 2013, Wintour diangkat sebagai Direktur Artistik untuk seluruh penerbitan Condé Nast, perusahaan induk Vogue, menandai pengakuan atas pengaruh besarnya dalam dunia penerbitan.




Makin Produktif di Usia 78 Tahun, Legenda Musik Country Ini Jadi Pengusaha Taman Hiburan Hingga Beauty Brand

Sebelumnya

Lisa Lutoff-Perlo, Ikon dan Pelopor di Industri Pelayaran Mewah Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women