Sejumlah penampilan dari perempuan inspiratif di Renjana Cita Srikandi Pekanbaru. (Ist)
Sejumlah penampilan dari perempuan inspiratif di Renjana Cita Srikandi Pekanbaru. (Ist)
KOMENTAR

FESTIVAL Akbar Pemberdayaan Perempuan Indonesia baru saja menyelesaikan rangkaian roadshow-nya di kota kedua, Pekanbaru, pada 23-25 Agustus 2024. Acara ini berlangsung di dua lokasi, yakni Lapangan Kantor Gubernur Riau dan Ballroom Menara BRK Syariah Pekanbaru, di mana Renjana Cita Srikandi menghadirkan serangkaian kegiatan pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan kompetensi para perempuan di Pekanbaru dan di Provinsi Riau umumnya.

Selama tiga hari, belasan topik dalam sesi gelar wicara dengan narasumber perempuan dari berbagai bidang menarik perhatian banyak peserta. Nama-nama besar seperti Tasya Farasya, Prilly Latuconsina, Titi Kamal, dr. Reisa Brotoasmoro, dan lainnya sukses membagikan pengalaman mereka kepada para peserta. Selain itu, Athira Farina, seorang pilot perempuan, dan Rica Permatasari, seorang petugas pemadam kebakaran perempuan dari Pekanbaru, berhasil memberikan semangat dan motivasi sekaligus mendobrak stigma kesetaraan gender di industri yang didominasi pria.

Total ada 12 gelar wicara dengan berbagai topik seperti “Dare to Create, Dare to Be Different: Prilly on Innovation & Women's Empowerment”, “Woman in Sustainability”, “Walking with Raline Shah: Art, Culture, and Social Dedication”, “Energizing You, Elevating Each Other”, “Dari Diva Lokal Menjadi Diva Global: Peran Musisi Perempuan pada Industri Musik”, “Gender Equality”, “Titi Kamal's Journey through Entertainment”, “Balancing Faith and Modernity”. 

Prilly Latuconsina, salah satu pembicara utama, mengungkapkan, "Cemoohan adalah risiko menjadi perempuan yang mampu berdaya, tugas kita adalah fokus terhadap tujuan." Kutipan ini menginspirasi banyak peserta untuk tetap percaya diri dan berani mengejar impian mereka meskipun menghadapi tantangan.

Area lokakarya juga sangat dinamis, menampilkan kelas-kelas gratis yang mengangkat keterampilan praktis seperti jewelry workshop, makeup tutorial, chunky bag making, candle making, merangkai bunga, embroidery on cloth, pot painting, artificial flower painting, content creation, strap beads, financial planning, hingga inovasi dalam keberlanjutan menciptakan model bisnis ramah lingkungan.

Marlian Dwi Ratih, pemilik Mahacinta Jewelry, menyatakan bahwa keikutsertaannya di Renjana Cita Srikandi Pekanbaru 2024 memberikan ruang bagi tim disabilitas dari Mahacinta Jewelry untuk dapat berpartisipasi, bahkan menjadi asisten pengajar pada sesi lokakarya dari brand perhiasan berbahan metal ini. 

Dengan kehadiran praktisi dari Jakarta dan Pekanbaru serta chef ternama seperti Ibu Sisca, Marinka, dan Ibu Rudy, lokakarya ini berhasil menarik sekitar 750 peserta yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mereka melalui pembekalan gratis tersebut. Acara yang diagendakan tahunan inipun bersifat Inklusif dengan menyediakan juru bahasa isyarat untuk teman teman difabel pada rangkaian Gelar Wicara, dan Pertunjukan Musik. 

Acara ini juga memberikan dukungan konkret terhadap pengembangan sektor ekonomi di Pekanbaru dan sekitarnya dengan melibatkan lebih dari 200 UMKM yang diberi kesempatan berjualan di area khusus yang disediakan. Tercatat total transaksi lebih dari satu miliar rupiah selama tiga hari pelaksanaan.

Acara ini dihadiri lebih dari 60.000 pengunjung yang datang dari berbagai wilayah, termasuk Pekanbaru, Padang, Medan, Palembang, hingga Lampung, menunjukkan betapa besar antusiasme masyarakat terhadap acara ini. Salah satu testimoni datang dari perempuan muda bernama Alisia yang datang jauh-jauh dari Medan untuk mengikuti rangkaian acara, terutama gelar wicara dan lokakarya, serta menyaksikan penampilan Agnez Mo. Ia berharap acara serupa dapat diadakan di Medan.

Melalui acara ini, kami juga mengadakan program Lintas Sektor, di mana kami mengajak enam orang talent untuk mempromosikan sektor lain di Pekanbaru. Program ini melibatkan kunjungan ke berbagai tempat ikonik di Pekanbaru seperti Sanggar Laksmana, RSUD Arifin Achmad, Planto, Rumah Singgah Tuan Kadi, Rumah Tenun, kedai kopi legendaris Kimteng, dan Riau Creative Hub, untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap budaya dan potensi lokal. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan budaya, daerah wisata, industri kreatif, dan kuliner Riau ke kancah nasional melalui promosi yang dilakukan oleh para pengisi acara di media sosial mereka. 

Sebagai penutup, hiburan dari talenta terbaik tanah air seperti Agnez Mo, Rossa, dan Yura Yunita menjadi penghargaan yang pantas bagi semua perempuan yang hadir dan telah mengikuti rangkaian kegiatan pemberdayaan ini.

Kami berharap dengan diadakannya roadshow Renjana Cita Srikandi ini, semakin banyak peluang kolaborasi tercipta, dan semakin banyak perempuan Indonesia yang terus berkarya dan saling memotivasi. Sampai bertemu di kota-kota berikutnya: Bandung, Makassar, Medan, dan Bali!




Peresmian Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024 Sekaligus Pepsodent Sebagai Official Oral Care Partner Timnas Sepak Bola Indonesia

Sebelumnya

Tanya Dokter Gigi by Pepsodent Hadirkan Layanan Berbasis AI, Hamish Daud: Lebih Personal Sekaligus Menghilangkan Stigma Konsultasi ke Dokter Gigi Itu Menakutkan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E