Pavel Durov (Pinterest)
Pavel Durov (Pinterest)
KOMENTAR

PENDIRI Telegram Pavel Durov telah ditempatkan di bawah penyelidikan formal di Prancis sebagai bagian dari penyelidikan terhadap kejahatan terorganisir pada aplikasi perpesanan tersebut, demikian disampaikan Jaksa Paris.

Durov, 39 tahun, tidak ditahan, tetapi ditempatkan di bawah pengawasan pengadilan, dan harus membayar deposit sebesar €5 juta (£4,2 juta; $5,6 juta).

Miliarder kelahiran Rusia yang juga warga negara Prancis itu juga harus datang ke kantor polisi Prancis dua kali seminggu dan tidak diizinkan meninggalkan wilayah Prancis.

Durov pertama kali ditahan saat tiba di bandara Le Bourget di utara Paris Sabtu lalu (24/8) berdasarkan surat perintah atas pelanggaran terkait aplikasi tersebut.

Dalam pernyataan hari Rabu (28/8), jaksa penuntut Paris mengatakan bahwa Tn Durov telah diselidiki secara resmi atas dugaan pelanggaran yang mencakup beberapa hal berikut ini.

• Keterlibatan dalam pengelolaan platform daring untuk memungkinkan transaksi ilegal oleh kelompok terorganisir

• Penolakan untuk berkomunikasi dengan pihak berwenang

• Keterlibatan dalam distribusi gambar seksual anak oleh kelompok kriminal terorganisir

Di Prancis, penyelidikan formal tidak menyiratkan seseorang bersalah atau mesti berujung pada persidangan, tetapi hal itu menunjukkan bahwa hakim menganggap ada cukup kasus untuk melanjutkan penyelidikan. Durov sejauh ini belum memberikan komentar publik mengenai perkembangan terkini.

Pengacara Durov, David-Olivier Kaminski, mengatakan Telegram mematuhi semua peraturan digital Eropa dan dimoderasi dengan standar yang sama seperti jejaring sosial lainnya. Menurutnya, amat tidak masuk akal bahwa kliennya terlibat dalam tindakan kriminal yang tidak berkaitan dengannya baik secara langsung maupun tidak langsung..

Belum pernah terjadi sebelumnya pemilik platform media sosial ditangkap karena cara platform itu digunakan, dan hal ini telah memicu perdebatan sengit daring tentang kebebasan berbicara dan akuntabilitas.

Sebelumnya telah melihat para bos perusahaan teknologi dihadapkan pada para anggota parlemen untuk diinterogasi secara konfrontatif tentang praktik dan kegagalan mereka, tetapi tidak ditanggapi oleh penegak hukum di bandara.

Elon Musk, pemilik X, membela Durov, dengan menyatakan bahwa moderasi adalah “kata propaganda” untuk penyensoran. Ia telah menyerukan pembebasan Durov.

Chris Pavlovski, pendiri aplikasi berbagi video kontroversial bernama Rumble, mengatakan dia telah meninggalkan Eropa setelah penahanan Durov.

Sementara sebagian besar jaringan sosial terbesar di dunia terlibat dengan badan-badan nasional dan internasional dalam hal pelanggaran pidana serius seperti penyebaran gambar pelecehan seksual anak, Telegram dituduh mengabaikan mereka.

Perusahaan tersebut, yang sekarang berkantor pusat di Dubai, bersikeras bahwa alat moderasinya memenuhi standar industri.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan awal minggu ini bahwa Prancis sangat berkomitmen pada kebebasan berekspresi, dan bahwa keputusan untuk menahan Durov sama sekali tidak bersifat politis.

Grup besar hingga 200.000 orang dapat berbagi dan mengomentari informasi dan konten di Telegram – sedangkan WhatsApp membatasi ukuran grup maksimumnya hingga lebih dari 1.000.

Meskipun pesan Telegram dapat dienkripsi, artinya hanya pengirim dan penerima yang dapat melihatnya, ini tidak diaktifkan secara default dan harus diaktifkan secara manual ke obrolan pribadi.

Sebelumnya, jaksa penuntut Paris mengatakan Durov ditahan sebagai bagian dari penyelidikan kejahatan dunia maya. Telegram menanggapi dengan mengatakan Durov tidak menyembunyikan apa pun.

Rusia mengatakan bahwa tanpa dasar bukti yang serius, tuduhan tersebut dapat dilihat sebagai tindakan intimidasi terhadap perusahaan teknologi besar untuk tujuan politik.

 

Telegram dinilai sebagai salah satu platform media sosial utama. Didirikan pada tahun 2013 dan sangat populer di Rusia, Ukraina, dan negara bekas Uni Soviet lainnya, serta Iran.

Dilaporkan BBC, Telegram – yang memiliki lebih dari 950 juta pengguna terdaftar – telah berulang kali menolak untuk bergabung dengan program internasional yang bertujuan untuk mendeteksi dan menghapus materi pelecehan anak secara daring.




Cak Lontong Jadi Ketua Timses Pasangan Pramono Anung-Rano Karno: Menang untuk Membuat Warga Jakarta Bahagia

Sebelumnya

Ada Food Security yang Diterjunkan Panitia PON Sumatra Utara, Apa Tugasnya?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News