dr. Rahmanidar (tengah) bersama para staf OrchidGlow. (FARAH/Ovi)
dr. Rahmanidar (tengah) bersama para staf OrchidGlow. (FARAH/Ovi)
KOMENTAR

TIDAK semata mengejar keuntungan dunia tapi harus berjalan sesuai prinsip syariah, itulah tekad yang melatari perjalanan usaha dr. Rahmanidar dan sang suami, Indra Fitra Irawadi, B.Sc, MBAE dalam membangun usaha.

Berbekal latar belakang profesi sebagai dokter estetika dan dermatologi khususnya bidang anti-aging medicine, dr. Rahma kini fokus untuk mengembangkan Klinik Orchid dan skincare OrchidGlow.

Klinik Orchid adalah klinik kecantikan milik dr. Rahma yang berlokasi di Cikarang Barat. Sedangkan OrchidGlow merupakan rangkaian produk skincare yang diracik dan diproduksi sendiri oleh dr. Rahma.

Namun jika berbicara awal merintis bisnis kecantikan, dr. Rahma menyebut peran besar sang suami. Sebagai CEO OrchidGlow, Indra memiliki background pendidikan technical engineering di Mannheim University Jerman dan pernah bekerja di perusahaan kosmetik terbesar di dunia yaitu L'Oréal.

Dengan bekal ilmu dan pengalaman tersebut, Indra punya andil sangat besar dalam pembuatan skincare OrchidGlow. Ia mamantau penuh produksi skincare mulai dari memastikan tersedianya raw material yang berkualitas hingga proses pascaproduksi.

Sementara dr. Rahma, sebelumnya ia sempat berpraktik sebagai dokter umum, lalu melanjutkan kuliah S2 di Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) untuk Magister Anti Aging Medicine.

“Saya mendirikan klinik kecantikan karena melihat banyak karyawan perusahaan di kawasan industri Cikarang yang memiliki masalah kulit terutama jerawat dan flek. Saya tergerak untuk membantu mengatasi masalah mereka. Klinik Orchid awalnya masih menggunakan produk perawatan kulit dari luar. Seiring waktu, saya memutuskan untuk meracik sendiri produk skincare sesuai background ilmu Anti-aging Medicine yang saya miliki,” ungkap dr. Rahmanidar saat ditemui Farah.id dalam acara Muslim LifeFest 2024 di ICE BSD Tangerang, pada Jumat (30/8).

Produk OrchidGlow awalnya dipercayakan untuk diproduksi orang lain. Namun seiring demand yang terus bertambah dari para konsumennya, produsen tersebut seringkali kewalahan menerima pesanan. Hingga akhirnya ia dan suami memutuskan membangun pabrik untuk memproduksi sendiri skincare OrchidGlow.

“Alhamdulillah produksi pabrik kami sudah bersertifikat Badan POM dan bisa memenuhi tuntutan produksi skincare OrchidGlow yang semakin hari semakin bertambah. Untuk skincare, kami menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi yang memang asli lokal buatan Indonesia,” papar dr. Rahma.

Keikutsertaan OrchidGlow di pameran akbar Muslim LifeFest 2024 di ICE BSD diakui dr. Rahma sebagai pertama kalinya. Menurutnya, inilah saat yang tepat untuk mengepakkan sayap lebih luas agar OrchidGlow dikenal lebih banyak orang terutama di wilayah Jabodetabek. Dengan memiliki pabrik sendiri, ia merasa lebih siap untuk memproduksi skincare dalam jumlah lebih banyak dalam waktu cepat.

OrchidGlow memiliki varian produk yang lengkap untuk perawatan kulit. Termasuk, 10 varian serum wajah yang bisa dipilih sesuai dengan jenis kulit dan permasalahannya.

Satu hal yang menginspirasi adalah dr. Rahmanidar dan suami sepakat untuk menjalankan bisnis di bidang kecantikan ini sesuai dengan prinsip syariah. Keduanya berusaha menjalankan bisnis yang bersih dari riba. dr. Rahma tidak merasa terbebani saat bisnis berkembang perlahan, slowly but sure, tapi tetap on the track sesuai prinsip berdagang yang dicontohkan Nabi Muhammad saw.

dr. Rahma dan suami mengembangkan usaha dengan hasil keuntungan yang mereka dapatkan. Contohnya, membangun pabrik dengan biaya yang murni diperoleh dari keuntungan usaha. Keduanya tidak memaksakan diri untuk menambah cabang klinik kecantikan atau promosi di sana-sini.

“Pertumbuhan kami perlahan, mungkin tidak seperti orang lain. Kami punya prinsip yang jadi keunikan kami, yaitu ingin mengembangkan bisnis dengan cara halal, pelan -pelan tapi berkah,” tegas dr. Rahma.

“Kami menyadari bahwa tujuan berbisnis ini bukan semata mengejar keuntungan di dunia, tapi harus membawa berkah dan manfaat,” pungkasnya.




Ganda Putri Tenis Meja Christine Ferliana & Cindy Marcella Putri: "Mama Cerewet Karena Ingin Kami Memberikan Penampilan Terbaik di PON XXI"

Sebelumnya

Makin Produktif di Usia 78 Tahun, Legenda Musik Country Ini Jadi Pengusaha Taman Hiburan Hingga Beauty Brand

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women