Menyisir kemegahan Burj Khalifa di Dubai. (Net/Grafis: Adelia)
Menyisir kemegahan Burj Khalifa di Dubai. (Net/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

BURJ Khalifa  di Dubai, Uni Emirat Arab, hingga saat ini masih memegang rekor gedung tertinggi di dunia. Bangunan yang tampak berbentuk runcing dari kejauhan ini memiliki tinggi 828 meter.

Meski menjadi salah satu ikon Dubai dan populer sebagai spot foto para pesohor, mungkin belum banyak yang mengetahui lebih dalam tentang gedung yang berlokasi di Sheikh Mohammed bin Rashid boulevard ini.

Populer sebagai gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa rupanya tak hanya mencetak satu rekor saja. Bangunan fenomenal ini juga memegang rekor untuk struktur berdiri bebas tertinggi di dunia, gedung dengan lantai yang diduduki tertinggi di dunia, dek observasi luar ruangan tertinggi di dunia, serta lift dengan jarak tempuh terjauh di dunia.

Nama Burj Khalifa dipilih untuk menghormati presiden pertama Uni Emirat Arab sekaligus penguasa Abu Dhabi, Sheikh bin Khalifah bin Zayed AI Nahya. Dilaporkan Gulf Today, Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab Mohammed bin Rashid AI Maktoum mengungkapkan pentingnya agar gedung tersebut diasosiasikan dengan nama salah tokoh besar di Uni Emirat Arab.

Dibangun selama 6 tahun, penggalian pondasi Burj Khalifa dimulai pada bulan Januari 2004 dan menara secara resmi dibuka pada 4 Januari 2010.

Tim arsitek Burj Khalifa ternyata juga mengerjakan gedung populer dunia lainnya. Di antara sejumlah karya mereka yaitu bangunan populer seperti John Hancock Center dan Menara Willis di Chicago,serta One world Trade Center di New York.

Terdiri dari sekitar 26.000 jendela kaca besar, jendela-jendela kaca tersebut membentuk semacam tirai pemantul yang perbandingan hampir sama dengan panjang 17 lapangan sepak bola. Untuk akses naik dan turun, Burj Khalifa mempunyai lift berkecepatan sekitar 60 km/jam!

Spot dinner cantik, menikmati hidangan di ketinggian 441 meter sudah pasti memberikan sensasi unik,sekaligus menyuguhkan panorama kota yang memukau.

Jika pengunjung naik ke dek observasi puncak di ketinggian 555 meter, pengunjung bisa menyaksikan sensasi pemandangan kota dari ruangan tertinggi di dunia.




Menengok Keindahan Pulau Anambas yang Masih Asri

Sebelumnya

6 Fakta Unik tentang Gunung Rinjani, Kamu Ingin Tahu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon