Bromo pascakebarakan, masihkah indah? (Net/Grafis: Adelia)
Bromo pascakebarakan, masihkah indah? (Net/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

INDONESIA, negara kepulauan yang kaya akan keindahan alamnya, memiliki sejumlah gunung berapi yang menakjubkan, salah satunya adalah Gunung Bromo.

Terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Gunung Bromo telah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Dengan ketinggian sekitar  2.329 meter di atas permukaan laut, Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia.

Namun insiden kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akibat penggunaan flare (suar) yang terjadi tahun lalu mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mencatat kerugian akibat hilangnya jasa rekreasi di area Bromo hingga Oktober 2023, diperkirakan mencapai Rp8,3 miliar.

Padahal, kawasan Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur pada tahun 2022, berkunjungan wisatawan ke kawasan Gunung Bromo mencapai 318.919 wisatawan.

Pemandangan kawah yang luas dengan latar belakang langit biru dan awan putih telah menjadi pemandangan ikonik yang memikat banyak pengunjung. Tidak hanya terbatas pada kawahnya, kawasan sekitarnya juga menawarkan panorama alam yang memukau, termasuk pasir serta dikelilingi oleh pengunungan hijau yang menjulang.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga dikenal karena keberadaan masyarakat Tengger yang menjalankan tradisi dan ritual unik.

Salah satunya upacara Kasada yang dilakukan setiap tahun pada bulan purnama di tengah- tengah kawah Gunung Bromo. Dalam upacara ini, masyarakat Tengger memberikan persembahan kepada Sang Hyang (Tuhan Yang Maha Esa) sebagai tanda syukur atas panen yang melimpah. Ritual ini menarik perhatian banyak wisatawan yang ingin menyaksikan keunikan budaya lokal.

Selain pendakian, terdapat beragam kegiatan wisata lain yang dapat dinikmati di sekitar Gunung Bromo. Namun beberapa wilayah sudah ditumbuhi vegetasi seperti rumput dan pakis, tetapi masih ada beberapa titik lokasi yang terlihat hitam bekas sisa kebakaran.

Wisatawan juga dapat menikmati perjalanan menunggang kuda melintas lautan pasir, mengunjungi Pura Luhur Poten yang berada di kaki Gunung Bromo, atau sekadar menikmati matahari terbit  yang memukau dari puncak penanjakan.

Tidak ketinggalan untuk kamu yang gemar berswafoto, Gunung Bromo memiliki berbagai tempat dan pemandangan menakjubkan yang layak untuk diabadikan.




Menengok Keindahan Pulau Anambas yang Masih Asri

Sebelumnya

6 Fakta Unik tentang Gunung Rinjani, Kamu Ingin Tahu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon