Lisa Lutoff-Perlo, perempuan berpengaruh di industri cruise dunia, (Instagram/@lutoffperlo)
Lisa Lutoff-Perlo, perempuan berpengaruh di industri cruise dunia, (Instagram/@lutoffperlo)
KOMENTAR

LISA Lutoff-Perlo adalah seorang pengusaha Amerika. Ia adalah presiden dan CEO Celebrity Cruises, yang menjadikannya perempuan pertama yang memimpin salah satu merek pelayaran Royal Caribbean Group.

Lisa Lutoff-Perlo dilahirkan pada19 April 1957 Gloucester, Massachussetts. Ia adalah alumnus Universitas Bentley. Kiprah profesionalnya mengagumkan, termasuk menerima Penghargaan Prestasi Seumur Hidup South Florida Business Journal dan Forbes Travel Guide.

Lisa Lutoff-Perlo terpilih sebagai Presiden & CEO Komite Tuan Rumah Piala Dunia FIFA 2026 Miami.

Sebagai Presiden dan CEO Komite Tuan Rumah Miami, Lisa bertanggung jawab untuk memimpin strategi, penggalangan dana, aktivasi penggemar, dan operasi untuk tujuh pertandingan Piala Dunia FIFA 2026.

Komitmen Lisa yang teruji terhadap keunggulan, inovasi, keramahtamahan, dan hasil yang luar biasa diyakini akan mendorong keberhasilan Komite Tuan Rumah Miami karena Piala Dunia FIFA 2026 diantisipasi menjadi salah satu acara olahraga global yang paling signifikan.

Miami, salah satu tujuan olahraga dan hiburan terkemuka di dunia, bergabung dengan 16 kota tuan rumah di Amerika Utara untuk memamerkan turnamen olahraga paling populer di dunia dengan lebih dari 3,5 miliar penggemar di seluruh dunia.  

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Urusan Eksternal untuk Royal Caribbean Group, salah satu perusahaan pelayaran terkemuka di dunia dengan armada global sebanyak 64 kapal yang berlayar untuk tiga merek pelayaran pemenang penghargaan, Royal Caribbean International, Celebrity Cruises, dan Silversea Cruises.

Dalam peran ini, ia bekerja untuk mendorong strategi perusahaan ke depan dengan bekerja sama erat dengan kedua organisasi industri dan pemangku kepentingan eksternal utama.

Ia juga pernah menjabat sebagai Presiden dan CEO Celebrity Cruises dari tahun 2014 hingga 2023. Ia menjadi perempuan pertama yang memimpin merek Royal Caribbean Group dan salah satu dari sedikit perempuan di dunia pada saat itu yang memimpin perusahaan pelayaran mewah bernilai miliaran dolar.  

Lisa Lutoff-Perlo adalah ikon dan pelopor yang diakui dalam industri perhotelan global. Dengan visi dan pengelolaan brand yang mengagumkan, ia mengubah dan mendefinisikan ulang pengalaman pelayaran mewah dengan peluncuran kapal Edge Series yang berani dan inovatif pada tahun 2018.

Kapal-kapal tersebut langsung dipuji sebagai pengubah permainan bagi industri ini dan diakui dalam daftar tahunan Majalah TIME, di antara ratusan penghargaan tambahan untuk inovasi dan layanan, dan mendorong permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk perusahaan tersebut. 

Pada tahun 2021, ketajaman operasional dan visi jauh ke depan Lutoff-Perlo disorot saat ia memimpin seluruh industri kembali beroperasi setelah penutupan pandemi selama 15 bulan, ketika kapal andalannya saat itu, Celebrity Edge, menjadi kapal pertama yang disetujui untuk berlayar dari pelabuhan di Amerika Serikat.

Ia kemudian secara luar biasa mengembalikan seluruh armada Celebrity yang terdiri dari 15 kapal ke operasi selama tahun berikutnya, termasuk meluncurkan dua kapal Seri Edge baru yaitu Celebrity Apex dan Celebrity Beyond.

Pada tahun 2023, kapal-kapal Celebrity Cruises menjadi yang pertama di dunia yang mendapatkan peringkat bintang yang didambakan dari Forbes Travel Guide.  

Mengambil alih jabatan sebagai Presiden dan CEO di Celebrity Cruises pada tahun 2014, Lutoff-Perlo memimpin perusahaan tersebut ke era pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Keahliannya yang unik dalam mengelola bisnis dengan pendekatan yang mengutamakan tamu, didukung oleh wawasan berbasis data dan inovasi digital, menghasilkan kinerja keuangan yang lebih cepat bagi perusahaan tersebut.

Ia menceritakan pelajaran yang dipelajarinya dalam perjalanan kepemimpinannya, Making Waves: A Woman’s Rise to the Top Using Smarts, Heart and Courage yang terbit pada Februari 2024.

Lisa juga tercatat sebagai anggota Dewan Direksi perusahaan Fortune 500 AutoNation, pengecer otomotif terbesar dan paling dikenal di Amerika, tempat ia duduk di Komite Audit dan Tata Kelola . 

Ia juga secara aktif menyumbangkan keahliannya ke sejumlah organisasi nirlaba internasional dan regional dan saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan untuk United Way of Broward County

Selama hampir 40 tahun di perusahaan tersebut, dan sebelum menjadi CEO, Lutoff-Perlo menikmati serangkaian peran kepemimpinan penjualan, pemasaran, dan operasi yang progresif di RCL dengan cakupan, tanggung jawab, dan pengawasan laba rugi yang semakin luas.

Lisa Lutoff-Perlo telah menerima banyak penghargaan atas kontribusinya yang luar biasa terhadap industri pelayaran, industri perjalanan, komunitas bisnis Florida Selatan, kesetaraan gender, serta keberagaman dan inklusi, termasuk Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Nova Southeastern; Penghargaan Prestasi Seumur Hidup dari South Florida Business Journal, Cruise Line Industry Association (CLIA).

Tidak ketinggalan Women in Travel; International Hall of Fame oleh Asosiasi Maritim Pelabuhan New York dan New Jersey; Penghargaan Kepemimpinan dalam Keberagaman dari Komite Pengembangan Ekonomi; dan Medali Kehormatan Val-Kill dari Eleanor Roosevelt Center yang bergengsi , yang mengakui individu yang pengaruhnya yang luas telah membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.     




Hannah Lucy Cockroft, Atlet Asal Inggris Peraih 7 Kali Juara Paralimpiade

Sebelumnya

Pasangan Ibu-Anak Ganda Putri Tenis Meja Christine Ferliana & Cindy Marcella Putri: "Mama Cerewet Karena Ingin Kami Memberikan Penampilan Terbaik di PON XXI"

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women