Ilustrasi orang yang sedang cemas. (Freepik)
Ilustrasi orang yang sedang cemas. (Freepik)
KOMENTAR

JIKA kamu mengalami kecemasan, ada beberapa strategi yang dapat kamu gunakan untuk membantu mengelola gejala langsung, serta metode jangka panjang untuk mengatasi masalah yang berulang.

Kecemasan sebenarnya adalah respons tubuh terhadap bahaya yang nyata atau yang dirasakan. Ini adalah proses alami yang dihadapi setiap orang pada satu waktu atau lainnya.

Orang sering menggunakan kecemasan sebagai istilah umum untuk perasaan khawatir, gugup, atau gelisah secara umum. Namun, ada perbedaan antara merasa cemas dan mengalami gangguan kecemasan, yang mencakup banyak kondisi yang berbeda.

Jika kecemasan kamu sporadis dan mengganggu fokus atau tugas, beberapa pengobatan alami yang cepat dapat membantu kamu mengendalikan situasi.

Misalkan kecemasan kamu terfokus pada suatu situasi, seperti mengkhawatirkan acara yang akan datang, dalam kasus tersebut, kamu mungkin menyadari gejalanya berlangsung singkat dan biasanya mereda setelah acara yang diantisipasi terjadi.

Berikut ini 4 (empat) tips sederhana mengatasi rasa cemas berlebih, dikutip dari Healthline.

1. Pertanyakan pola pikir kamu

Pikiran yang tidak membantu dapat mengakar dalam pikiran kamu dan mendistorsi tingkat keparahan situasi. Salah satu caranya adalah dengan menantang rasa takut kamu, tanyakan apakah rasa takut itu benar, dan lihat di mana kamu dapat memperoleh kembali kendali.

2. Berlatih pernapasan dalam yang terfokus

Latihan pernapasan yang terukur dapat membantu kamu mengelola perasaan cemas yang muncul. Cobalah menarik napas selama 4 hitungan dan mengembuskan napas selama 4 hitungan selama total 5 menit. Dengan menyeimbangkan napas, kamu akan memperlambat detak jantung, yang akan membantu menenangkan.

Teknik 4-7-8 adalah pola pernapasan populer lainnya untuk mengelola kecemasan.

3. Gunakan aromaterapi

Penelitian terbatas menunjukkan bahwa aromaterapi dapat membantu mengurangi perasaan cemas dalam beberapa situasi. Praktisi dan pendukung aromaterapi sering melaporkan banyak manfaat anekdot dari praktik tersebut.

4. Berolahraga

Terkadang, cara terbaik untuk menghentikan pikiran cemas adalah dengan meninggalkan situasi dan mulai bergerak. Berfokus pada tubuh dan bukan pikiranmu, hal ini dapat membantu meredakan kecemasan. Latihan ringan seperti berjalan, yoga, dan tai-chi sering kali dapat membantu orang mengurangi stres dan mengelola gejala kecemasan.

Sementara itu, melakukan olahraga dengan speed lebih cepat dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menenangkan pikiran kamu.




Pengaruh Pola Makan Seimbang terhadap Kesehatan Tulang Remaja

Sebelumnya

Pengendalian Rokok untuk Melindungi Kesehatan Paru-Paru

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health