Flyer Peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Dunia/Foto: Net
Flyer Peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Dunia/Foto: Net
KOMENTAR

SETIAP 10 September, dunia memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia. Meski bunuh diri sering kali dipandang sebagai keputusan yang kompleks dengan banyak faktor penyebab, ada langkah-langkah konkret yang dapat kita ambil untuk mencegahnya, terutama di kalangan orang terdekat. Menjadi pendengar yang peka dan teman yang siap membantu bisa menjadi langkah awal yang berarti.

Jika bingung harus mulai dari mana, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bunuh diri pada orang-orang di sekitar kita.

Cara Mencegah Bunuh Diri pada Orang Terdekat

1. Tanggap dengan Serius Saat seseorang mengungkapkan keinginan untuk mengakhiri hidup, anggap itu dengan serius. Jangan pernah menganggap hal ini sebagai lelucon atau cara untuk menarik perhatian. Psikolog Klinis Anna Surti Ariani menekankan bahwa meremehkan pernyataan ini bisa membuat orang tersebut merasa tidak dianggap penting, sehingga memperburuk situasi. Setiap ungkapan seperti ini adalah tanda bahwa ia membutuhkan bantuan nyata.

2. Ajak Bicara dengan Empati Jika seseorang di dekatmu mengutarakan keinginan bunuh diri, ajaklah mereka bicara. Namun, pastikan untuk tidak menghakimi. Dengarkan tanpa interupsi apa yang mereka rasakan dan apa yang menjadi beban pikirannya. Kadang, hanya dengan mengungkapkan perasaan, seseorang bisa merasa lebih lega dan tenang.

Seperti yang dikatakan Anna Surti Ariani, seperti mengutip dari Kompas, “Duduk bersama, tanyakan apa yang bisa dibantu atau didengarkan. Itu akan sangat membantu.” Pendampingan emosional seperti ini adalah langkah penting untuk membuat mereka merasa didukung dan dilindungi dari kemungkinan melakukan tindakan nekat.

Bantuan Profesional

Setelah situasi sedikit lebih tenang, dorong mereka untuk mencari bantuan profesional. Bekerja sama dengan psikolog, psikiater, atau konselor adalah cara terbaik untuk membantu orang yang sedang mengalami masalah kesehatan mental serius. Langkah ini juga dapat mencegah upaya bunuh diri di masa depan.

"Mereka yang memiliki ide atau pernah mencoba bunuh diri sering kali sudah mengalami masalah kesehatan mental yang serius," jelas Anna.

Maka dari itu, dukungan profesional sangat penting untuk kesembuhan mereka.

Jangan Ragu untuk Mencari Bantuan

Bunuh diri sering kali terjadi ketika seseorang merasa terjebak dalam depresi tanpa adanya dukungan. Namun, penting untuk diingat bahwa kamu tidak sendirian. Jika kamu atau orang di sekitarmu merasa berada di titik terendah, jangan menyerah dan memutuskan untuk mengakhiri hidup. Ada banyak layanan konseling dan bantuan yang bisa diakses untuk meringankan beban.

Salah satu sumber yang bisa diandalkan adalah Into the Light Indonesia, sebuah platform yang menyediakan layanan kesehatan jiwa dan berbagai alternatif dukungan mental. Jangan ragu untuk menghubungi mereka jika kamu membutuhkan bantuan atau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai layanan konseling.

Dengan langkah sederhana, kita bisa membantu menyelamatkan nyawa. Ingat, berbicara dan mendengarkan dengan hati terbuka adalah kunci untuk mendukung orang-orang yang sedang berjuang. Setiap tindakan kecil dapat memberikan harapan besar bagi mereka yang merasa terpuruk.




Kementerian Agama Pastikan Layanan Katering Musim Haji 2024 Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Jemaah

Sebelumnya

IKN Dibuka untuk Masyarakat Umum, Kunjungan Dibatasi 300 Orang Per Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News