Ilustrasi memijat telapak kaki. (Pinterest/@healingplacemedfield0079)
Ilustrasi memijat telapak kaki. (Pinterest/@healingplacemedfield0079)
KOMENTAR

ASAM urat atau Gout adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada sendi-sendi kecil. Kondisi ini disebabkan karena tingginya kadar asam urat di dalam darah yang nantinya bisa membentuk kristal asam urat di sendi-sendi tersebut. Ketika Gout artritis kambuh, bisa menyebabkan gejala merah, bengkak, dan nyeri. 

Diketahui bahwa kadar normal asam urat untuk laki-laki adalah 3,4 - 7,0 mg/dL sedangkan untuk perempuan adalah 2,4 - 6,0 mg/dL.

"Dikarenakan asam urat merupakan produk akhir dari purin, maka kita harus membatasi makanan yang tinggi purin. Contohnya seperti yang pertama ada red meat atau daging merah, ini harus dibatasi konsumsinya per hari. Contohnya seperti daging sapi, daging lembu, daging kambing, dan juga bahkan daging babi. Dan ingat semua jeroan itu wajib dihindari, tapi untuk ayam boleh dikonsumsi asal tidak mengandung lemak," demikian disampaikan dr. Farhan Zubedi melalui akun TikTok pribadinya beberapa waktu lalu.

Lalu untuk ikan dan seafood lainnya, ada juga yang harus dihindari seperti ikan teri, tuna, sarden, ikan kod, ikan pecak, dan sejenisnya. Sementara ada pula yang bisa dikonsumsi secara sederhana yaitu lobster, kepiting, ikan salmon, kerang, tiram, dan udang. 

Beberapa makanan rendah purin yang dianjurkan untuk dikonsumsi contohnya adalah kacang-kacangan, whole grain atau biji-bijian utuh, serta sayur dan tumbuhan polong.

Tetapi sebagian orang menganggap bahwa mengonsumsi kacang-kacangan bisa membuat kambuh penyakit asam urat.

"jadi aku mencoba untuk menemukan penelitian-penelitian skala besar yang bisa mendukung argumen bahwa kacang-kacangan ini bisa memperparah gout atau penyakit asam urat. Dan sejauh ini aku belum menemukan studi yang absah untuk bisa mendukung argumen tersebut," ucap dr. Farhan di akun tiktoknya @farhanzubedi menanggapi kekhawatiran tersebut.

Ia juga memaparkan bahwa kacang-kacangan sebenarnya adalah makanan dengan kandungan purin yang rendah. Kacang tanah itu punya kandungan purin 40 mg per 100 gram, kacang almond punya kandungan purin 31 mg per 100 gram. Diketahui bahwa makanan dengan kandungan purin di bawah 50 mg per 100 gram diklasifikasikan level purin rendah.

“Bahkan ada satu penelitian cross-sectional yang mungkin paling komprehensif sejauh ini dengan jumlah sampel 14.000 orang menemukan bahwa walnut dan kacang pinus itu bisa menurunkan kadar asam urat. Kalau ada yang mengalami asam uratnya kambuh setelah makan kacang mungkin bisa dicek lagi berapa banyak kacang yang dimakan," tandas dr. Farhan.




Pengaruh Pola Makan Seimbang terhadap Kesehatan Tulang Remaja

Sebelumnya

Pengendalian Rokok untuk Melindungi Kesehatan Paru-Paru

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health