Taman Sejarah Bandung (Dok. Juntrink Juntrink & Sulis Tyowatiningsih)
Taman Sejarah Bandung (Dok. Juntrink Juntrink & Sulis Tyowatiningsih)
KOMENTAR

KOTA Bandung memiliki berbagai taman tematik atau theme park dengan karakteristik serta tema yang berbeda-beda, salah satu taman tematik yang dimiliki oleh Kota Bandung di yakni Taman Sejarah Bandung.

Warga Kota Bandung tentunya sudah tidak asing dengan Taman Sejarah Bandung yang terletak di Jalan Aceh No.53, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung. Taman dengan luas 2.600 meter persegi ini dibangun di kawasan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Pembangunan taman ini bertujuan untuk wisata edukasi agar masyarakat Kota Bandung dapat belajar sejarah dengan cara menyenangkan dan lebih seru.

Pada taman ini berupa tempat parkir memiliki gedung DPRD Bandung yang setelah didedikasikan sebagai Taman Sejarah Bandung dengan berbagai fasilitas yang nyaman dan baik bagi warga kota Bandung.

Taman Sejarah Bandung bukan hanya sekadar kumpulan monumen dan tempat wisata keluarga tetapi bisa juga menjadi media untuk perjalanan panjang Kota Bandung.

Dengan hadirnya Taman Sejarah Bandung dapat menjadi tempat yang edukatif serta memberikan pengalaman tentang asal-usul dan perkembangan Kota Bandung.

Dengan mengunjungi Taman Sejarah Kota Bandung, masyarakat dapat menghargai dan mengetahui ilmu sejarah yang menjadi bagian terpisahkan dari identitas Kota Kembang ini. Fasilitas ini memberi stiker dengan media kaca yang tergambar 16 wali kota Bandung dari masa ke masa beserta sejarahnya.

Tepat di bawah tulisan “Sejarah Bandung di Era Wiranatakusumah” terdapat relief yang mengisahkan sejarah Kota Bandung pada saat kepemimpinan Wiranatakusumah. Bagaimana dalam keadaan Bandung pada zaman dulu dan masa sekarang dikisahkan dalam sebuah tembok dengan grafis yang didesain modern.

Taman Sejarah Bandung yang berlokasi di tengah kota ini mempunyai tempat yang sangat strategis. Karenakan jarak antara destinasi lain seperti Jalan Braga, Alun-Alun Kota Bandung, Gedung Sate serta pusat perbelanjaan tertua di Kota Bandung yakni Bandung Indah Plaza lebih berdekatan jaraknya.

Setelah itu, tepat di depan Taman Sejarah Bandung terdapat Museum Sejarah yang juga mengisahkan  secara detail mengenai perkembangan Bandung pada masa kolonial hingga setelah kemerdekaan.




Megahnya Sungai Terpanjang di Swiss, Aare

Sebelumnya

Percikan Sejarah Turki dan Lokantasi Nusantara

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon