Pantai Tanjung Tinggi di Belitung. (Canva/Grafis: Adelia)
Pantai Tanjung Tinggi di Belitung. (Canva/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

PANTAI Tanjung Tinggi menjadi salah satu wisata air di Belitung yang memiliki pesona cukup menarik. Pantai ini merupakan salah satu tempat lokasi syuting film Laskar Pelangi. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 kilometer dari kota Tanjung Pandan.

Menariknya di Pantai Tanjung Tinggi ini ada hamparan bebatuan granit, sering bisa foto-foto karena tempatnya  cukup bagus dan indah. Nama “Tanjung” memiliki arti semenanjung atau daerah menjorok ke laut. Sedangkan “Tinggi” artinya dari bebatuan granit yang tinggi  sekitar pantai.

Pantai Tanjung Tinggi memiliki daya tarik utama namun batuan granit yang berada di sekitar pantai. Tidak kaget apabila para pengunjung menjadikan bebatuan granit sebagai latar utama foto mereka.

Batu granit yang memikat pengunjung bisa memiliki bentuk yang unik dan menarik, seperti berupa bentuk gajah, kura-kura, kepala kuda dan bermacam-macam bentuk lainnya yang menarik. Bagi yang menyukai pemandangan landscape dan fotografi, pantai ini sering dijadikan tempat fotografi.

Pantai Tanjung Tinggi ini mempunyai pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih dengan warna hijau toska yang memberi keindahan. Tidak hanya itu, hal yang menarik lainnya di pasir pantainya yang putih dan butiran yang cukup halus. Di sini bisa menikmati keindahan yang berbeda dari pantai lainnya.

Pemandangan laut yang cukup luas dan udara laut yang cukup segar mampu membuat setiap pengunjung sering berdatangan. Pantai ini memiliki ombak yang landai, namun bisa melakukan aktivitas air di sekitar pantai. Tetapi sebelum berenang, pastinya menikmati suasana pantai terlebih dahulu yang cukup indah.

Fasilitas di Pantai Tanjung Tinggi terbilang lengkap. Ada toilet umum, warung makan, penginapan di sekitar pantai, wahana permainan air, dan area parkir. Untuk bisa masuk ke area pantai, pengunjung cukup membayar biaya parkir sekitar Rp5.000- Rp10.000.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Pantai Tanjung Tinggi yang terletak tidak jauh dari kota Tanjung Pandan sekitar di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dari Bandara HAS Hanandjoeddin, memerlukan waktu 40 menit hingga satu jam. Pantai ini berjarak 37 kilometer dari pusat Kabupaten Belitung.




Megahnya Sungai Terpanjang di Swiss, Aare

Sebelumnya

Percikan Sejarah Turki dan Lokantasi Nusantara

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon