Kanada dengan simbol maple. (Net/Grafis: Adelia)
Kanada dengan simbol maple. (Net/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

KANADA merupakan negara terbesar kedua di dunia setelah Rusia, memiliki luas wilayah 9,9 juta kilometer persegi. Namun bukan hanya wilayahnya yang luas ada banyak hal yang menjadi Kanada unik.

Berikut ini 7 fakta unik lain seputar Kanada yang dihimpun dari berbagai sumber:

Pertama, negara ini memiliki cuaca yang ekstrem sering mendapat julukan pecahan es. Posisi negara ini yang dekat dengan kutub utara membuatnya sering mengalami musim dingin yang ekstrem. Selagi itu, masih ada beberapa fakta unik lain dari negara Kanada.

Kanada merupakan negara yang memiliki empat musim  yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Kanada mempunyai temperatur yang sangat ekstrem yaitu mencapai -40 derajat celcius pada musim dingin dan 40 derajat pada musim panas.

Suhu terendah negara ini sedingin planet Mars. Pada 3 Februari 1947 di sebuah desa kecil yaitu Snag, Yukon, tercatat suhu paling rendah yaitu –63 derajat celsius. Suhu yang sangat dingin ini bakal disebut sebagai suhu permukaan planet Mars.

Kedua, masyarakat mempunyai nilai Kesopanan yang sangat bagus. Seseorang akan merasa bersalah jika tidak menggunakan kata "tolong", "maaf", dan "terima kasih". Di Kanada bukan hanya sekadar beramah tamah menjadi standar sosial. Menjunjung tinggi kesetaraan berarti setiap orang mempunyai kedudukan setara.

Ketiga, fakta yang paling menarik adalah dari banyak danau di dunia, Kanada adalah pemenangnya jika dibandingkan negara lain. Ada sekitar 3.000 danau yang tersebar di seluruh wilayah Kanada, artinya ada banyak pemandangan indah di negara ini.

Keempat, sebanyak 10 persen hutan di dunia ada di Kanada selagi banyak danau juga mempunyai banyak hutan. Total ada 396,9 juta hektar hutan dan lahan berhutan lainnya yang bisa ditemukan di seluruh negeri.

Kelima, Kanada memiliki garis pantai yang disebut-sebut terpanjang di dunia, yaitu 125.556 mil atau 202.080 kilometer. Garis pantai negara ini pun berbatasan dengan Atlantik, Arktik, dan Pasifik.

Keenam, Kanada merupakan negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Ada sembilan kategori adalah keterjangkauan, pasar kerja yang baik, stabil secara ekonomi, ramah keluarga, kesetaraan pendapatan, stabil secara politik, aman, sistem pendidikan, dan sistem kesehatan.

Pencapaian negara ini didapat bukan kali pertama, tapi Kanada sudah memegang posisi Negara dengan Standar Kehidupan Sangat Tinggi selama enam tahun berturut-turut.

Ketujuh, mempunyai jalan bebas hambatan terpanjang di dunia. Jalan bebas hambatan ini bernama Trans-Kanada dengan panjang mencapai 4.722 mil atau 7.604 kilometer.




Megahnya Sungai Terpanjang di Swiss, Aare

Sebelumnya

Percikan Sejarah Turki dan Lokantasi Nusantara

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon