Dua ikon TMII yang tak lekang waktu: Istana Anak Indonesia dan Keong Emas. (Ist/Grafis: Adelia)
Dua ikon TMII yang tak lekang waktu: Istana Anak Indonesia dan Keong Emas. (Ist/Grafis: Adelia)
KOMENTAR

TAMAN Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan taman hiburan yang bertemakan kebudayaan Indonesia yang terletak di wilayah Jakarta Timur, Daerah Khusus Jakarta. TMII berdiri di area seluas kurang lebih 150 hektare.

Diketahui bahwa pemerintah telah menggelontorkan lebih dari Rp1 miliar untuk merevitalisasi Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. Resmi rampung pada akhir Agustus 2023, TMII memiliki wajah baru terdiri dari 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan.

Menurut Presiden Joko Widodo, revitalisasi tersebut sekaligus mengembalikan sebagaimana semangat awalnya yang digagas oleh ibu Tien Soeharto. 

Dia menyebutkan semua museum dan anjungan yang ada di TMII telah diperbarui. Dengan wajah baru, TMII memiliki konsep "inclusive culture and smart."

Taman Mini Indonesia Indah menjelma menjadi ikon besar pariwisata di Jakarta dan Indonesia.

Berikut ini beberapa objek wisata di TMII yang tak lekang oleh waktu.

Anjungan daerah Nusantara: Anjungan berarsitektur tradisional menghadirkan segenap elemen budaya dari masing-masing provinsi di Tanah Air.

Danau kepulauan Nusantara: Salah satu landmark ikonik di TMII adalah danau dengan miniatur pulau Sumatra, Jawa Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Istana Anak-anak Indonesia (IAAI): Bangunan yang berbentuk seperti istana dalam dongeng Cinderella. Di tempat ini, anak-anak dapat bermain seru sekaligus belajar kebudayaan Indonesia. Bangunan utama istana dinamai Graha Widya Tama, yang terdiri atas empat lantai dengan ruang terbuka di lantai dua dan memiliki dua sayap sebuah menara menjulang tinggi ke angkasa.

Prasasti peresmian gedung ditandatangani Presiden Soeharto pada 20 April 1986. Adapun wahana yang bisa ditemukan yaitu: Kereta api kelinci, Mandi bola, Kolam renang sendang sejodo, Monorail, Roda, Tamasya, Pesawat Capung, ATV Motor, Kapal Ayun, dan pameran wayang.

Taman Legenda Keong Emas: Mempunyai taman hiburan dengan wahana klasik. Taman Legenda Keong Emas memiliki 14 museum dengan tema ilmu pengetahuan, budaya, dan teknologi. Museum yang berada di sekitar Keong Emas adalah museum transportasi keprajuritan, perangko Indonesia, pusaka, telekomunikasi, juga museum IPTEK.

Sky World Indonesia: Disebut juga eduwisata antariksa, mempunyai wahana atau taman rekreasi edukasi yang bertemakan antariksa dan aeronautika. Tempat wisata yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar memiliki wawasan ilmu seputar dunia antariksa, aeronautika, dan teknologi-teknologinya.

Dunia Air Tawar: Sarana rekreasi yang menyajikan peragaan koleksi yang bertemakan “Indonesia dan Dunia Air Tawar.” Akuarium di sini telah menjadi sarana rekreasi, pendidikan, penelitian, konservasi alam, dan atraksi.

Taman ini terletak di sebelah selatan kawasan TMII, yang diapit oleh Museum Serangga dan Taman Bunga Keong Emas. Gedungnya didominasi warna hijau air dan terdiri dari dua lantai seluas 5.500 meter persegi.

Masih banyak lagi objek wisata menarik di TMII. Yang pasti, jika kamu datang pada akhir pekan atau pada hari libur nasional, bersiaplah untuk antre naik Wara Wiri, kendaraan listrik gratis yang mengantar pengunjung berkeliling TMII.




Megahnya Sungai Terpanjang di Swiss, Aare

Sebelumnya

Percikan Sejarah Turki dan Lokantasi Nusantara

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon