Sandiaga Uno berbincang dengan salah satu pelaku ekraf Kabupaten Tangerang. (Kemenparekraf)
Sandiaga Uno berbincang dengan salah satu pelaku ekraf Kabupaten Tangerang. (Kemenparekraf)
KOMENTAR

KOMITMEN Pemerintah Kabupaten Tangerang mengembangkan sektor ekonomi kreatif agar bisa memberikan dampak luas terhadap peningkatan ekonomi dan peluang usaha masyarakat mendapat apresiasi penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Diketahui bahwa saat ini Pemkab Tangerang sedang gencar mendorong pengembangan ekraf, salah satunya dengan mengajukan diri untuk masuk dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities Network atau UCCN). 

"Hari ini kita melihat antusiasme dari pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Tangerang yang sekarang sedang berjuang untuk masuk dalam jejaring kabupaten/kota kreatif dunia melalui proses yang disiapkan bersama," ujar Menparekraf Sandiaga saat menghadiri kegiatan workshop KaTa Kreatif Kabupaten Tangerang di Joglo Jambe Resto, Kabupaten Tangerang, Sabtu (14/9).  

Indonesia saat ini telah memiliki tiga kota yang mendapat predikat UCCN yaitu Pekalongan untuk kategori crafts and folk art, Bandung untuk kategori desain, dan Ambon untuk kategori musik.

Dilansir laman resmi Kemenparekraf, legitimasi dari UNESCO tersebut banyak memberikan dampak yang besar. Tidak hanya pada keberlanjutan dan kelestarian potensi seni dan budaya, juga secara tidak langsung menjadi sarana promosi yang efektif. Harapannya, minat wisatawan untuk datang ke Indonesia khususnya Kabupaten Tangerang akan meningkat dan masyarakat akan lebih sejahtera.

Penetapan ini secara otomatis juga akan menjadikan suatu wilayah sebagai ekosistem yang dipantau langsung oleh UNESCO agar para pelakunya konsisten melestarikan seni pertunjukan, budaya, dan kegiatan-kegiatan event tahunan yang ada.

"Di Kabupaten Tangerang juga ada proyek strategis nasional yakni di PIK 2 yang akan membawa 20 juta wisatawan dan sekitar 10 juta lapangan kerja. Jadi pelaku ekonomi kreatif harus terus dipersiapkan," pesan Menteri Sandiaga. 

Kabupaten Tangerang sebelumnya telah melakukan proses uji petik PMK3I dan menetapkan kriya sebagai subsektor unggulan. 

"Terkait (keluhan) modal usaha, kami langsung menyediakan dan siap memfasilitasi karena kami kebetulan ada program pembiayaan melalui perbankan yakni KUR. Ada pula program innovative crowd funding. Kami juga ada satu produk yang sedang dikembangkan dalam pilot project di Malang yaitu pinjaman tanpa bunga melalui platform kitabisa.com," jelas Menparekraf Sandiaga Uno.  




bank bjb Terus Dukung UMKM Ultra Mikro Agar Naik Kelas Melalui Program PNM Mekaar

Sebelumnya

Universitas Al-Azhar Mesir Luncurkan Program Pembelajaran Hybrid untuk Mahasiswa Asing

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News